Sukses


Piala AFF U-16 2022: Timnas Indonesia U-16 Punya Strategi Khusus Jika Vietnam Parkir Bus

Bola.com, Sleman - Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Vietnam pada laga terakhir Grup A Piala AFF U-16 2022. Pertandingan itu akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DIY pada Sabtu (6/8/2022) mulai pukul 20.00 WIB.

Laga ini sangat menentukan bagi kedua tim. Hanya kemenangan yang bisa membuat Vietnam bisa menjadi juara Grup A dan lolos ke semifinal. Sementara itu, Timnas Indonesia U-16 hanya membutuhkan hasil imbang saja.

Meski demikian, tetap saja ada kemungkinan Vietnam menerapkan strategi parkir bus dalam laga nanti. Mereka akan bertahan dengan ketat dan mengincar gol dari situasi serangan balik.

Ini yang menjadi konsentrai Timnas Indonesia u-16.

2 dari 5 halaman

Sudah Diantisipasi

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti sudah mengantisipasi hal itu. Bima sudah memberikan menu latihan khusus mengenai tembakan dari jarak jauh kepada para pemain Garuda Asia.

"Kalau kita agak buntu ya melalukan tendangan jarak jauh. Ini untuk antisipasi kita nggak bisa main bola pendek," ungkap Bima Sakti.

Vietnam menggunakan formasi tiga bek tengah di sepanjang gelaran Piala AFF U-16 2022. Bima Sakti yakin tim asuhan Nguyen Quoc Tuan akan melakukan hal serupa pada Sabtu (6/8/2022).

3 dari 5 halaman

Serangan Balik

Dengan formasi tiga bek tengah, Vietnam akan menjadi sangat kuat dalam bertahan. Sebab, dua wingback bisa turun ke belakang dan membantu pertahanan.

Sementara ketika melakukan serangan balik, Vietnam juga bisa diuntungkan. Sebab, mereka ada tiga penyerang di lini depan. Hal itu diakui oleh Bima Sakti.

"Ya karena kita lihat Vietnam punya organisasi pertahanan yang bagus, ada tiga bek tengah di belakang kemudian saat bertahan mereka langsung ada lima," jelas Bima.

4 dari 5 halaman

Perubahan Komposisi

Lebih lanjut, Bima Sakti mengungkapkan dirinya akan kembali melakukan perubahan komposisi susunan pemain. Beberapa pemain yang menjadi starter di laga melawan Singapura disebut Bima akan diistirahatkan.

"Ada perubahan ya beberapa pemain. Karena kemarin lawan Singapura memang ada beberapa pemain yg kita istirahatkan. Supaya kita lebih fresh saat melawan Vietnam," ungkapnya.

5 dari 5 halaman

Merata di Semua Lini

Bima pun bersyukur bisa dengan kondisi para pemain asuhannya. Ia merasa komposisi skuad Timnas Indonesia U-16 sangat merata di semua lini.

"Ya kita bersyukur memiliki materi yang semuanya tidak jauh berbeda antara inti dan cadangan," tandasnya.

 

Video Populer

Foto Populer