Sukses


Piala AFF U-16 2022: Duel Timnas Indonesia U-16 Vs Vietnam Berpotensi Panas, Ini Pesan dari Bima Sakti

Bola.com, Sleman - Thailand dan Malaysia selama ini menjadi rival tradisional sepak bola Indonesia. Terutama ketika melawan Malaysia, tensi laga selalu panas, entah itu di level senior sampai yang paling junior, Timnas Indonesia U-16.

Namun, belakangan Vietnam muncul menjadi rival baru Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir laga yang mempertemukan kedua tim selalu berjalan dengan panas.

Kondisi itu disadari oleh pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti. Bima menegaskan tim asuhannya akan berjuang keras meraih kemenangan saat bertemu dengan Vietnam di laga ketiga Grup A, Piala AFF U-16 2022, Sabtu (6/8/2022) malam WIB.

2 dari 5 halaman

Hadapi dengan Santai

Meski demikian, Bima tak ingin ada suasana yang terlalu panas pada pertandingan itu. Terutama suasana di dalam lapangan. Ia meminta para pemain asuhannya untuk tetap berkepala dingin.

"Yang pasti kita fight ingin memenangkan pertandingan, sabar, jangan sampai terkena kartu yang nggak perlu. Jangan terburu-buru, jangan provokasi, kepala dingin, main fair dan jangan terpengaruh sekeliling," pinta Bima.

3 dari 5 halaman

Jangan Terpengaruh Panasnya Suporter

Dalam dua laga pertama Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022, suporter yang hadir di Stadion Maguwoharjo, Sleman sangat sedikit. Bahkan, hanya sekitar 1.300 an orang yang hadir di laga melawan Filipina.

Saat menghadapi Vietnam, situasinya diprediksi bisa berubah drastis. Animo masyarakat untuk mendukung langsung Garuda Asia diperkirakan meningkat tajam.

Kondisi itu tentu menguntungkan Timnas Indonesia U-16. Namun, Bima juga tetap mengingatkan para pemainnya untuk tidak terbawa suasana ramai dan panas yang dibawa suporter.

"Karena besok Insya Allah penonton lebih banyak, jangan terpengaruh. Ok panas di luar tapi di dalam kita tetap kontrol, jaga fair play tetap jaga sportivitas," jelas Bima.

4 dari 5 halaman

Jaga Marwah Bangsa Indonesia

Kepada suporter Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti pun memiliki permintaan khusus. Ia meminta para suporter menjaga marwah dan kehormatan Bangsa Indonesia.

"Untuk suporter jaga marwah bangsa Indonesia sebagai bangsa yang baik, respect," kata Bima.

Bima merasa sejauh ini Indonesia sudah menjadi tuan rumah yang baik di Piala AFF U-16 2022. Fasilitas yang disediakan kepada para kontestan meliputi hotel, lapangan latihan dan fasilitas yang lain sudah cukup baik.

"Kita sebagai tuan rumah suap menyiapkan lapangan latihan bagus, hotel bagus, kita jaga. Jangan sampai ada keributan jangan sampai ada provokasi ke pemain Vietnam," tandas Bima Sakti.

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

31 Juli 2022

Timnas Indonesia U-16 2-0 Filipina

3 Agustus 2022

Singapura 0-9 Timnas Indonesia U-16

6 Agustus 2022

Timnas Indonesia U-16 Vs Vietnam

Video Populer

Foto Populer