Sukses


Kolektivitas Tinggi, Hanya Tiga Pemain Timnas Indonesia U-16 yang Belum Mendapatkan Menit Bermain di Piala AFF U-16 2022

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 sudah menyelesaikan laga di fase grup Piala AFF U-16 2022. Skuad Garuda Asia lolos ke semifinal sebagai juara Grup A.

Menariknya, hampir semua pemain yang ada di Timnas Indonesia U-16 sudah merasakan menit bermain. Sejauh ini hanya tiga pemain di skuad asuhan Bima Sakti yang belum mendapatkan kesempatan bermain.

Mereka adalah dua kiper Ikram Algifari dan Andhika Putra Setiawan. Serta satu pemain belakang bernama Ibnu Yazid Almustaufidz. Sampai laga ketiga babak grup, ketiganya belum mendapatkan kesempatan bermain.

"Sampai sekarang cuma satu pemain yang belum kami kasih kesempatan main, Ibnu (Yazid) pemain belakang, dan dua kiper," kata pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti.

 

2 dari 5 halaman

Kualitas Merata

Bima Sakti memang mengaku tidak takut untuk melakukan rotasi. Sebab, ia merasa kualitas dari para pemain asuhannya tidak memiliki perbedaan yang jauh di Piala AFF U-16 2022 ini.

"Saya sudah sampaikan ke mereka saya akan coba seluruh pemain, saya beruntung tahun ini saya punya pemain yang kualitasnya tidak jauh berbeda," ujarnya.

Meski demikian, ada beberapa pemain yang selalu menjadi pilihan utama bagi Bima Sakti di Piala AFF U-16 2022. Sebut saja seperti Muhammad Iqbal Gwijangge, Andrika Fathir, Riski Afrisal, dan Arkhan Kaka.

Iqbal Gwijangge tak hanya selalu dimainkan secara penuh. Bahkan, ia selalu mendapatkan kehormatan menjadi kapten Garuda Asia di Piala AFF U-16 2022.

 

3 dari 5 halaman

Jangan Euforia Berlebihan

Bima Sakti kemudian menyebut kondisi skuadnya saat ini sangat baik, terutama terkait mentalitas. Keberhasilan lolos ke babak semifinal tentu jadi penyebabnya.

Namun, Bima kembali mengingatkan para pemain asuhannya. Bima ingin para pemain merayakan keberhasilan itu tapi hanya sebentar saja. Euforia berlebihan juga tidak baik untuk kondisi tim.

"Mental pemain tentu gembira, cuma saya tekankan ke mereka kita bersyukur boleh wajib tapi jangan euforia berlebihan," kata Bima.

"Bergembira sebentar lupakan kemenangan atas Vietnam dan fokus babak semifinal." tandasnya.

4 dari 5 halaman

Hasil Lengkap Grup A

Grup A

  • Vietnam vs Singapura 5-1
  • Timnas Indonesia U-16 vs Filipina 2-0
  • Filipina vs Vietnam 0-5
  • Singapura vs Timnas Indonesia U-16 0-9
  • Singapura vs Filipina 2-0
  • Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam 2-1
5 dari 5 halaman

Klasemen Akhir Grup A

 Pos Main Menang Seri Kalah Poin
Indonesia 3 3 0 0 9
Vietnam  6
Singapura  3
Filipina  0

Video Populer

Foto Populer