Sukses


Kehadiran Shin Tae-yong di Stadion Dongkrak Semangat Juang Asnawi Mangkualam

Bola.com, Ansan - Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, menyambut antusias kedatangan pelatih Shin Tae-yong ke Mokdong Stadium saat Asnan Greeners FC menghadapi Seoul E-Land (6/8/2022).

Asnawi Mangkualam awalnya tak mengetahui kedatangan Shin Tae-yong ke stadion. Namun, pemain 22 tahun itu menyebut kedatangan Shin Tae-yong memberikannya semangat tambahan saat bermain.

"Saya selalu tahu pelatih Shin Tae-yong pasti akan datang. Akan tetapi, saya tidak tahu kalau dia ada di sini hari ini," kata Asnawi Mangkualam seperti dikutip Goal Korea.

"Namun, itu memberi saya tambahan kekuatan ketika mendapatkan dukungan dari pelatih tim nasional yang datang ke stadion," tegas Asnawi Mangkualam.

2 dari 5 halaman

Ungkap Rahasia

Asnawi Mangkualam sebelumnya buka suara mengenai penampilan sensasional di Ansan Greeners FC. Menurut Asnawi, ada peran cuaca di balik performa gemilangnya di Korea Selatan.

"Cuaca di Korea menjadi sangat panas dan lembab akhir-akhir ini. Namun, mirip dengan cuaca di Indonesia," kata Asnawi Mangkualam.

"Jadi, sepertinya performa saya akan semakin baik," tegas Asnawi Mangkualam.

3 dari 5 halaman

Penampilan Agresif

Asnawi Mangkualam tampil mengesankan saat bermain di posisi anyarnya di Ansan Greeners FC. Pada laga terakhir, Asnawi terlihat lebih agresif di depan, namun tak lupa membantu pertahanan.

"Itu adalah gaya agresif di Indonesia. Saya mempertahankannya di Korea, sehingga performa saya sepertinya keluar," ujar Asnawi Mangkualam.

Sayangnya, performa gemilang Asnawi gagal membantu Ansan Greeners FC meraih kemenangan. Ansan harus puas bermain imbang 2-2 melawan Seoul E-Land.

4 dari 5 halaman

Diberi Pujian

Penyerang Ansan Greeners FC, Choi Geon-joo, takjub dengan popularitas Asnawi Mangkualam di Korea Selatan. Choi juga memuji Asnawi sebagai pemain yang hebat.

Kehadiran Asnawi Mangkualam mampu mendatangkan suporter ke stadion saat Ansan Greeners FC bermain. Mayoritas suporter yang hadir memang masyarakat Indonesia yang ada di Korea Selatan.

"Sejujurnya,saya tidak begitu menyadari betapa populernya Asnawi di negara asal saya sebelumnya. Namun, ketika saya mendapatkan dukungan semacam ini, maka saya juga merasa menjadi profesional sejati. Asnawi seorang pemain hebat," kata Choi Geon-joo seperti dikutip SportG.

5 dari 5 halaman

Ada Kesulitan

Asnawi Mangkualam sebelumnya buka suara mengenai kehidupannya di Korea Selatan setelah berseragam Ansan Greeners FC. Dia  menyebut semuanya berjalan lancar meski kesulitan mencari makanan yang halal.

"Tidak banyak masalah dalam kehidupan di sini. Saya adalah seorang muslim," kata Asnawi dikutip dari Sports-G.

"Ada banyak makanan olahan babi yang tidak halal untuk dikonsumsi. Namun, saya rasa itu tidak terlalu masalah karena saya sudah menyesuaikan diri dengan semuanya," tegas bek Timnas Indonesia itu.

Video Populer

Foto Populer