Sukses


5 Fakta Gokil Timnas Indonesia U-16 yang Akan Bermain di Semifinal Piala AFF U-16 2022

Bola.com, Yogyakarta - Timnas Indonesia U-16 berhasil lolos ke babak semifinal Piala AFF U-16 2022. Tim berjuluk Garuda Asia itu tanpa celah di penyisihan grup.

Timnas Indonesia U-16 keluar sebagai juara Grup A Piala AFF U-16 dengan menyapu bersih tiga partai dengan kemenangan.

Timnas Indonesia U-16 mengungguli Vietnam yang meraih enam poin, Filipina nilai tiga, dan Singapura nihil angka.

Garuda Asia akan menghadapi Myanmar dalam empat besar Piala AFF U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada Rabu (10/8/2022).

Sejumlah fakta mengiringi kelolosan Timnas Indonesia U-16 ke semifinal Piala AFF U-16. Berikut Bola.com merangkum lima di antaranya.

2 dari 6 halaman

Terproduktif

Timnas Indonesia U-16 menjadi tim terproduktif di penyisihan Piala AFF U-16. Garuda Asia mencetak 13 gol dari tiga partai.

Piala AFF U-16 diikuti oleh 12 kontestan. Timnas Indonesia U-16 mengungguli Laos dan Timor Leste yang menorehkan 12 gol.

Sembilan dari 13 gol Timnas Indonesia U-16 terjadi ketika membantai Singapura 9-0 dalam matchday kedua Grup A Piala AFF U-16.

3 dari 6 halaman

Paling Tangguh

Selain terproduktif, Timnas Indonesia U-16 adalah tim paling tangguh di penyisihan grup Piala AFF U-16. Garuda Asia hanya kebobolan sebiji gol dari tiga partai.

Timnas Indonesia U-16 sempat tidak kebobolan ketika menang 2-0 atas Filipina dan 9-0 kontra Singapura, namun kejebolan juga saat mengalahkan Vietnam 2-1.

Sepanjang babak penyisihan, gawang Timnas Indonesia U-16 selalu dikawal oleh Andrika Fathir Rachman yang dua kali mencatatkan clean sheet.

4 dari 6 halaman

Nama-nama Pemain Mirip dengan Legenda Eropa

Sejumlah nama pemain Timnas Indonesia U-16 mirip hingga sama dengan legenda sepak bola dunia. Mulai dari Crespo hingga Figo.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti menyertakan Femas Aprian Crespo, Arkhan Kaka Putra, sampai Figo Dennis Saputrananto.

Akrhan Kaka menjadi pemain Timnas Indonesia U-16 dengan nama legenda sepak bola dunia paling tajam di Piala AFF U-16 dengan torehan dua gol.

5 dari 6 halaman

Kapten Timnas Indonesia U-19 Jadi Anak Angkat Ketua PSSI

Bek Timnas Indonesia U-16, Muhammad Iqbal Gwijangge akan dijadikan anak angkat oleh Ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

Iqbal Gwijangge mempunyai darah Papua, namun bersekolah di Bandung, Jawa Barat. Dia adalah putra dari mantan atlet angkat besi Indonesia, Besinah Haluk. Bek berusia 16 tahun itu lahir di Sumedang, Jawa Barat.

"Iqbal mungkin saya angkat menjadi anak angkat saya. Kebetulan dia berdarah Papua. Dia bersekolah di SMAN 4 Bandung. Saya akan mengawal dia sampai lulus dan mendapatkan pekerjaan," jelas Iriawan.

6 dari 6 halaman

Diguyur Bonus Rp100 Juta

Timnas Indonesia U-16 diguyur bonus Rp100 juta oleh Ketua PSSI, Mochamad Iriawan setelah menang 2-1 atas Vietnam dan lolos ke semifinal Piala AFF U-16.

"Kami memberikan bonus Rp100 juta untuk Timnas Indonesia U-16 hasil dari kemenangan melawan Vietnam," imbuh Iriawan.

"Terima kasih kepada anak-anak sudah menampilkan yang terbaik. Dua gol kelas, dua gol dari kerja sama yang baik. Luar biasa," tutur Iriawan.

Video Populer

Foto Populer