Sukses


Ditargetkan Tembus 8 Besar, Kapten Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia Justru Bidik Semifinal Piala Dunia WAFF 2022

Bola.com, Jakarta - Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia ditargetkan untuk bisa lolos hingga ke babak delapan besar Piala Dunia WAFF (World Amputee Football Federation) 2022. Namun, kapten Timnas Indonesia, Aditya, yakin timnya bisa menembus semifinal.

Perjuangan Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia untuk bisa lolos ke Piala Dunia WAFF 2022 tidak mudah. Selain menghadapi lawan-lawan tangguh pada kualifikasi Wilayah Timur Zona Asia, Aditya dkk. juga tak mendapatkan dukungan dari pemerintah.

Namun begitu, mereka berhasil meraih tiket ke putaran final Piala Dunia WAFF 2022. Dari tiga pertandingan yang dijalani pada kualifikasi Wilayah Timur Zona Asia, Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia berhasil merengkuh dua kemenangan dan sekali kalah.

Indonesia melumat Bangladesh dengan skor 8-0 dan menang 4-0 atas Malaysia pada kualifikasi. Tetapi pada laga terakhir, Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia kalah 0-2 dari Jepang.

Hasil itu membuat mereka lolos ke putaran final Piala Dunia WAFF 2022 dengan status runner-up dan mengoleksi enam poin. Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia hanya kalah dari Jepang yang menempati posisi teratas.

 

2 dari 5 halaman

Ditargetkan Tembus 8 Besar

Berlaga di Piala Dunia WAFF 2022 merupakan sebuah kebanggaan bagi Indonesia. Pasalnya, ini adalah untuk pertama kalinya Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia berkiprah di Piala Dunia Amputasi.

Tampil untuk pertama kalinya, Timnas Indonesia mengusung target tinggi. Ketua Persatuan Sepakbola Amputasi Indonesia (PSAI), Yudi Yahya, menargetkan Indonesia lolos hingga delapan besar.

"Dari Kemenpora menargetkan 10 besar, tetapi dengan program yang ditawarkan dan dijalankan tim kepelatihan, kami optimistis bisa lolos sampai delapan besar," kata Yudi.

"Mudah-mudahan dengan dukungan dari teman-teman media dan masyarakat Indonesia bisa menambah motivasi Timnas Garuda Inaf," lanjutnya dalam sesi jumpa pers di Ayana Midpalaza, Jakarta, Rabu (10/8/2022).

 

3 dari 5 halaman

Bidik Semifinal

Namun, hal berbeda diutarakan Aditya yang merupakan kapten Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia. Adit yang pernah menimba ilmu di akademi sepak bola Persib Bandung itu pede, timnya bakal melenggang ke semifinal.

"Persiapan Piala Dunia lebih kepada pembentukan stamina, daya tahan tubuh, dan fokus pada pematangan taktik. Sekarang juga untuk menjaga kondisi fisik agar tetap fit untuk tampil nanti," ujar Adit.

"Mungkin lawan terberat itu Inggris, karena Inggris sempat menjadi finalis juga. Kalau saya justru ingin berusaha untuk bisa lolos ke semifinal, bukan hanya sampai delapan besar," tambahnya.

 

4 dari 5 halaman

Diikuti 24 Negara

Rencananya, Piala Dunia WAFF 2022 akan berlangsung di Turki dari 30 September sampai 10 Oktober mendatang. Turnamen kali ini diikuti oleh 24 negara dan terbagi ke dalam enam grup.

Sejauh ini, Rusia, Turki, dan Uzbekistan menjadi negara tersukses di Piala Dunia WAFF 2022. Ketiga negara itu sama-sama telah dua kali menjadi juara.

Timnas Indonesia yang saat ini menjalani pemusatan latihan di Serenia Hills, Karang Tengah, Lebak Bulus bakal bertolak ke Turki pada 27 September 2022.

 

5 dari 5 halaman

Pembagian Grup Piala Dunia WAFF 2022

Grup A: Turki, Haiti, Prancis, Liberia

Grup B: Meksiko, Jepang, Kolombia, Jerman

Grup C: Inggris, Argentina, Amerika Serikat, Indonesia

Grup D: Brasil, Irlandia, Iran, Maroko

Grup E: Polandia, Spanyol, Uzbekistan, Tanzania

Grup F: Angola, Italia, Uruguay, Irak

Video Populer

Foto Populer