Sukses


Tangis Bima Sakti Pecah Usai Jadi Saksi Mata Sukses Timnas Indonesia U-16 Lolos ke Final Piala AFF U-16

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 berhasil memastikan diri lolos ke final Piala AFF U-16 2022 hari Rabu (10/08/2022).

Berhadapan dengan Myanmar U-16, Skuat Garuda lolos ke Final setelah menang melalui babak adu penalti dengan skor 5-4 setelah di babak normal pertandingan sama kuat 1-1.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti terlihat jadi sosok yang paling tegang menyaksikan anak asuhnya menjalani adu tendangan penalti. Berulang kali ia memanjatkan doa sembari menutup mukanya.

Dia bahkan tetap tegang ketika eksekusi penalti keempat Shine Wanna Aung dimentahkan kiper Timnas Indonesia U-16, Andrika Fathir.

Tangis Bima Sakti pun pecah usai kemenangan dipastikan menjadi milik Timnas Indonesia U-16.

2 dari 5 halaman

Sosok Bima Sakti

Tampak usai laga berakhir, Andrika Fathir, bintang kemenangan Timnas Indonesia U-16 menghampiri Bima Sakti dan memeluk sang pelatih.

Bima Sakti pun jadi sosok yang mengajak anak asuhnya untuk memberikan salam kepada penonton yang memadati Stadion Maguwoharjo.

Sejatinya Bima Sakti bukan satu-satunya sosok yang menangis. Beberapa pemain Timnas Indonesia U-16 juga terharu akan sukses tim melaju ke final Piala AFF U-16.

3 dari 5 halaman

Bawa Kostum Alfin

Tidak ketinggalan sembari berdiri ke arah penonton, Bima Sakti membawa serta kostum bernomor punggung dua milik almarhum, Alfin Lestaluhu. 

Alfin adalah anak asuhnya di Timnas Indonesia U-16 yang meninggal dunia pada tahun 2019 akibat sakit radang otak. 

Pada sebuah kesempatan, Bima Sakti menjelaskan jersey Alfin Lestaluhu adalah simbol dari seorang pemain yang punya semangat juang tinggi ketika membela negara.

Bima Sakti sangat berharap pemain timnas U16 Indonesia sekarang bisa meniru semangat juang mendiang Alfin Lestaluhu tersebut.

 

4 dari 5 halaman

Final Ketiga

Final Piala AFF U-16 2022 menjadi yang ketiga buat Timnas Indonesia U-16. Sebelumnya, Timnas U-16 sudah pernah tampil pada final 2013 dan 2018.

Timnas U-16 gagal menjadi juara pada 2013, namun berhasil pada edisi 2018. Ini menjadi momentum buat Timnas U-16 kembali meraih gelar juara Piala AFF U-16 2022.

Apalagi Timnas U-16 bermain sebagai tim tuan rumah. Pasukan Bima Sakti tentu bakal mendapatkan dukungan penuh dari para suporter.

5 dari 5 halaman

Misi Balas Dendam?

Timnas Indonesia U-16 wajib mewaspadai misi balas dendam yang akan diusung Vietnam pada laga final Piala AFF U-16 2022. Maklum, Vietnam pernah dikalahkan Timnas U-16 pada pertemuan sebelumnya.

Ketika itu, Timnas Indonesia U-16 mampu meraih kemenangan 2-1 atas Vietnam. Gol kemenangan Timnas U-16 dicetak oleh Arkhan Kaka (51') dan Nabil Asyura (55'), sedangkan gol Vietnam dibukukan oleh tendangan penalti Nguyen Cong Phuong (41').

Namun, laga final nanti diprediksi akan berlangsung berbeda. Meski demikian, dukungan penuh dari para suporter bakal menghadirkan motivasi tambahan buat Timnas Indonesia U-16.

Video Populer

Foto Populer