Sukses


Timnas Indonesia U-16 Hempaskan Myanmar di Semifinal Piala AFF U-16 2022, Bima Sakti Justru Minta Maaf

Bola.com, Sleman - Tiket final Piala AFF U-16 2022 berhasil digenggam Timnas Indonesia U-16. Mereka lolos ke babak final setelah menang dalam adu tendangan penalti melawan Myanmar di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada Rabu (10/8/2022) malam WIB lalu.

Kedua tim sempat berbagi angka 1-1 hingga waktu normal berakhir. Pada babak adu tendangan penalti, Garuda Asia menang 5-4.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, bersyukur dengan kemenangan ini. Namun, Bima juga mengucapkan permintaan maaf karena telah membuat suporter Timnas Indonesia mengalami ketegangan luar biasa di sepanjang laga.

"Alhamdulillah kita bisa menang, saya juga memohon maaf pada suporter yang hadir dan yang nonton di rumah, mungkin agak sedikit menegangkan, tapi alhamdulillah kita bisa menang," ujar Bima dalam sesi konferensi pers selepas kemenangan Timnas Indonesia U-16.

 

2 dari 5 halaman

Myanmar Parkir Bus

Myanmar sempat unggul lebih dulu di laga ini pada menit ke-44. Gol Myanmar dicetak oleh penyerang mereka, Nay Min Htet.

Timnas Indonesia U-16 sempat kesulitan membongkar lini belakang Myanmar karena banyaknya pemain yang ditempatkan di area kotak penalti. Namun, tembakan bebas Rizki Afrisal di babak kedua meruntuhkan kokohnya pertahanan Myanmar.

Bima Sakti pun mengakui hal itu. Ia bahkan tak segan menyebut Myanmar menerapkan strategi parkir bus dalam laga ini.

"Mereka terlihat parkir bus di belakang sehingga pada babak pertama agak kesulitan menembus pertahanan mereka dan bahkan kita malah kecolongan satu gol," ungkap Bima.

 

3 dari 5 halaman

Perubahan Formasi

Saat jeda setelah babak pertama usai, Bima Sakti mengaku melakukan komunikasi khusus dengan para pemain asuhannya. Perubahan formasi pun dilakukan untuk membongkar pertahanan Myanmar.

Pada babak kedua, Timnas Indonesia U-16 memang memakai formasi 3-5-2. Arkhan Kaka dan Nabil Asyura ditempatkan di posisi penyerang.

"Pada babak kedua kita komunikasi pemain, ubah formasi, kita pakai 3 di belakang dan striker 2 di depan Alhamdulillah bisa cetak gol," ujarnya.

"Sebenarnya ada banyak peluang yang bisa kita manfaatkan. mudah-mudahan ini tak terulang saat lawan Vietnam," tandasnya.

 
4 dari 5 halaman

Hadapi Vietnam di Final

Timnas Indonesia U-16 berhasil melangkah ke final Piala AFF U-16 2022 dan akan menghadapi Vietnam dalam laga puncak turnamen sepak bola usia muda di Asia Tenggara tersebut.

Vietnam melangkah ke final setelah meraih kemenangan 2-0 atas Thailand di semifinal yang digelar pada Rabu sore.

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-16 kontra Vietnam menjadi duel ulangan, di mana kedua tim sudah bertemu di fase grup. Tim Garuda Asia berhasil meraih kemenangan 2-1 dalam pertandingan tersebut.

 
5 dari 5 halaman

Jadwal Final Piala AFF U-16 2022

Perebutan tempat ketiga

  • Thailand vs Myanmar
  • Stadion: Maguwoharjo, Sleman
  • Jumat, 12 Agustus 2022
  • Kick-off: 15.30 WIB

Final

  • Vietnam vs Timnas Indonesia U-16
  • Stadion: Maguwoharjo, Sleman
  • Jumat, 12 Agustus 2022
  • Kick-off: 20.00 WIB

 

Video Populer

Foto Populer