Sukses


Timnas Indonesia U-16 Road to Final Piala AFF U-16 2022: Fantastis!

Bola.com, Jakarta - Fantastis! Kata ini agaknya layak menggambarkan perjuangan Timnas Indonesia U-16 melenggang ke final Piala AFF U-16 2022.

Timnas Indonesia U-16 memastikan tiket final Piala AFF U-16 2022 dengan dramatis. Menghadapi Myanmar pada semifinal yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Rabu (10/8/2022) malam WIB, Garuda Asia menang lewat adu penalti.

Ini merupakan final ketiga kalinya buat Timnas Indonesia U-16 yang baru meraih juara satu kali. Kans untuk meraih trofi kedua tidak boleh disia-siakan.

Pada final Piala AFF U-16 2022, Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Vietnam, tim yang mereka kalahkan dengan skor tipis 2-1 pada babak grup. Mampukah Arkhan Kaka dkk. kembali mendulang kemenangan sekaligus menjadi juara?

2 dari 6 halaman

Timnas Indonesia U-16 2-0 Filipina

Laga pembuka sangatlah penting, dan kesadaran itu tampaknya diamini betul oleh para penggawa Timnas Indonesia U-16. Saat itu, anak asuh Bima Sakti menang 2-0.

Tanda-tanda kemenangan sudah terpampang nyata tatkala pemain Filipina melakukan gol bunuh diri. Tapi ternyata, alih-alih menang besar, gol kedua baru terjadi setengah jam berselang.

Setelah itu tidak ada gol lagi yang tercipta hingga laga usai. Timnas Indonesia U-16 tetap menang atas Filipina U-16 dengan skor 2-0.

3 dari 6 halaman

Timnas Indonesia U-16 9-0 Singapura

Setelah dikritik karena buruknya penyelesaian akhir, Timnas Indonesia U-16 mengamuk pada laga kedua kontra Singapura. Tidak tanggung-tanggung, sembilan gol mereka lesakkan ke gawang lawan.

Keunggulan kualitas Timnas Indonesia U-16 atas Singapura itu diakui oleh pelatih mereka, Angel Toledano Flores. Pelatih asal Spanyol itu merasa pemain asuhannya baru saja menjalani pertandingan yang sangat sulit.

"Pertandingan sangat sulit bagi kami. Indonesia lebih baik dari kami secara teknis, taktikal, dan juga fisik," katanya dalam sesi konferensi pers selepas laga.

"Kami perlu terus bekerja keras ini bagus bagi anak-anak untuk bermain dengan lawan seperti ini. Kami kembali ke Singapura dan kami akan terus melaju," sambungnya.

4 dari 6 halaman

Timnas Indonesia U-16 2-1 Vietnam

Timnas Indonesia U-16 sukses memetik kemenangan ketiga di Grup A Piala AFF U-16 dan sekaligus meraih titek juara grup. Mereka menang 2-1 atas Vietnam U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (06/08/2022) malam.

Namun demikian, nasib sial dialami Timnas Indonesia U-16 yang dihukum penalti. Memasuki menit ke-41, Rizdjar Nurviat dianggap menjatuhkan Le Dinh Long di kotak terlarang. Hal ini sempat melahirkan protes dari para pemain Timnas Indonesia U-16.

Wasit Warintorn Sassadee tidak bergeming dan tetap memberi penalti untuk Vietnam. Alhasil, kapten Nguyen Cong Phuong jadi eksekutornya di menit ke-42. Dia pun sukses mengecoh Andrika Fathir dan membuat Vietnam U-16 unggul 1-0.

Gol balasan itu akhirnya muncul di menit ke-52. Itu berkat dribel Narendra Tegar yang masuk hingga kotak penalti dan diteruskan dengan umpan silang. Bola lantas disambut dengan sundulan oleh Kaka dan membuat Vietnam kebobolan.

Hanya tiga menit kemudian, Timnas Indonesia U-16 berbalik unggul. Gol kedua ini lahir lewat skema serangan balik dan membuat Nabil Asyura menerima umpan terobosan. Dengan tendangan keras, Nabil menjebol gawang Vietnam di menit ke-55.

5 dari 6 halaman

Timnas Indonesia U-16 1-1 (5-4) Myanmar

Timnas Indonesia U-16 sukses menembus partai final Piala AFF U-16 2022 dan akan menghadapi Vietnam. Setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal, mereka menang 5-4 atas Myanmar dalam babak adu penalti pada laga semifinal di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8/2022) malam.

Sama seperti ketika menghadapi Vietnam, Timnas Indonesia kebobolan lebih dulu, epatnya menit ke-43. Itu berawal dari upaya kiper Andrika Fathir yang mencoba menangkap bola panjang dari lawan. Bola rebound lantas disambar oleh Nay Min Htet yang membuat Timnas Indonesia U-16 kebobolan.

Gol yang dinantikan Timnas Indonesia U-16 akhirnya lahir di menit ke-70. Itu berkat tendangan bebas langsung yang dilepaskan Riski Afrisal di jarak yang dekat. Tembakannya melengkung dan kali ini gagal dibendung Sai Thi Ha Naing.

Sampai wasit Abdul Hakim meniup peluit panjang, tak ada gol yang tercipta. Laga berakhir 1-1 di waktu normal 90 menit dan harus dilanjutkan ke babak adu penalti untuk menentukan pemenang.

Myanmar mendapat giliran dulu jadi eksekutor dan hasilnya mereka hanya mampu mencetak empat dari total lima tembakan. Satu-satunya sepakan penalti yang gagal berbuah gol lahir dari striker Shine Wanna Aung di giliran keempat.

Sedangkan lima eksekutor Timnas Indonesia U-16 berhasil menceploskan bola ke gawang Myanmar. Lima penendang itu adalah Iqbal Gwijangge, Figo Dennis, Arkhan Kaka, Riski Afrisal, dan Nabil Asyura.

6 dari 6 halaman

Road to Final Piala AFF U-16 2022

  • Timnas Indonesia U-16 vs Filipina 2-0
  • Singapura vs Timnas Indonesia U-16 0-9
  • Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam 2-1
  • Timnas Indonesia U-16 vs Myanmar 1-1 (5-4 adu penalti)

Jadwal Final

Final Piala AFF U-16 2022

Jumat, 12 Agustus 2022

Timnas Indonesia U-16 Vs Vietnamr

Venue: Stadion Maguwoharjo, Sleman

Kick-off 20.00 WIB

Video Populer

Foto Populer