Sukses


Pelatih Vietnam Minta Tambahan Petugas Keamanan di Final Piala AFF U-16 2022

Bola.com, Sleman - Pelatih Timnas Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan, memiliki permintaan menarik di final Piala AFF U-16 2022. Quoc Tuan meminta kepada PSSI agar memberikan penambahan jaminan keamanan kepada tim asuhannya.

Seperti diketahui, Vietnam akan berhadapan dengan Timnas Indonesia U-16 di final Piala AFF U-16 2022. Laga ini akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Jumat (12/8/2022) malam WIB.

Kekhawatiran Nguyen Quoc Tuan bukan tanpa dasar. Dalam fase grup, pemain Vietnam memang sempat mendapatkan perlakuan kurang menyenangkan dari suporter Timnas Indonesia U-16.

Beberapa pemain Vietnam yang berada di tribune mendapatkan intimidasi. Bahkan ketika menjalani pemanasan di lapangan, ada beberapa oknum suporter yang melakukan pelemparan terhadap pemain Vietnam.

"Untuk PSSI, kami punya pendapat mengenai faktor keamanan pemain kami. Laga terakhir, pemain kami mendapatkan teror saat tengah pemanasan. Jadi saya minta ada pengamanan lebih nanti," pinta Nguyen Quoc Tuan dalam konferensi pers jelang final Piala AFF U-16 2022.

2 dari 5 halaman

Beda Kultur

Nguyen Quoc Tuan kemudian membandingkan bagaimana kultur sepak bola Indonesia dan Vietnam. Ia merasa perbedaan kultur itu sangat terasa sekali.

Quoc Tuan merasa masyarakat Indonesia lebih bersemangat dalam memberikan dukungan kepada Timnas Indonesia U-16. Hal tersebut memberikan tekanan yang luar biasa kepada siapa saja lawan yang dihadapi Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur.

"Sulit untuk membandingkan kultur sepak bola Indonesia dan Vietnam, sangat berbeda. Orang Vietnam punya cara yang berbeda dalam mendukung timnas," ujar Nguyen Quoc Tuan.

"Saya pikir fans sepak bola Indonesia sangat bersemangat. Itulah perbedaannya dan itu membuat tim lawan selalu kesulitan," lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Laga yang Menarik

Lebih lanjut, Nguyen Quoc Tuan tidak lupa untuk memberikan ucapan selamat kepada Timnas Indonesia U-16 dan juga timnya sendiri. Keduanya menampilkan permainan terbaik hingga bisa lolos ke final Piala AFF U-16 2022.

Nguyen Quoc Tuan pun memperkirakan laga nanti akan berjalan menarik. Kedua tim ia sebut akan menjalani laga dengan intensitas tinggi.

"Selamat untuk Vietnam dan Indonesia yang sudah lolos ke final laga final nanti akan sangat intens, saya rasa ini juga akan menjadi laga yang menarik untuk ditonton," tandasnya.

4 dari 5 halaman

Vietnam Road to Final Piala AFF U-16 2022

Vietnam berlaga di Piala AFF U-16 2022 dengan tergabung di Grup A bersama Timnas Indonesia U-16, Filipina, dan Singapura.

Vietnam pun mengawali kiprahnya dengan meraih dua kemenangan besar, masing-masing 5-1 atas Singapura dan 5-0 atas Filipina.

Namun, Vietnam harus kalah 1-2 dari Timnas Indonesia U-16 di pertandingan terakhir fase grup. Beruntung, torehan enam poin yang mereka miliki membuat Vietnam tetap bisa lolos ke semifinal sebagai runner-up terbaik.

Dalam laga semifinal, Vietnam berhasil meraih kemenangan 2-0 atas Thailand. Tiket final pun berhasil diraih Vietnam yang akan kembali menghadapi Timnas Indonesia U-16 di laga final.

5 dari 5 halaman

Jadwal Final Piala AFF U-16 2022

Final Piala AFF U-16 2022

Vietnam vs Timnas Indonesia U-16

  • Stadion: Maguwoharjo, Sleman
  • Kick-off: 20.00 WIB
  • Live: Indosiar
  • Streaming: Vidio

Video Populer

Foto Populer