Sukses


3 Pelatih Lokal yang Bisa Membawa Timnas Indonesia Kelompok Umur ke Final Kejuaraan AFF

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 menorehkan prestasi manis di Piala AFF U-16 2022. Tim Garuda Asia berhasil lolos ke partai final setelah mengalahkan Myanmar pada semifinal, Rabu (10/8/2022) malam WIB lalu.

Pada partai final di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022) malam WIB, Timnas Indonesia U-16 akan berhadapan dengan Vietnam. Sebelumnya, Indonesia sukses membungkam Vietnam dengan skor 2-1 pada laga terakhir Grup A.

Perjalanan Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022 cukup menarik. Tegar Islami dan kolega sejauh ini belum mengalami kekalahan. Bahkan mereka sempat berpesta 9-0 ke gawang Singapura pada penyisihan grup.

Keberhasilan Timnas Indonesia U-16 lolos ke final juga menjadi catatan manis bagi sang pelatih, Bima Sakti. Bima menjadi pelatih ketiga yang mampu membawa Timnas Indonesia melaju ke final turnamen antarnegara Asia Tenggara setelah Indra Sjafri dan Fakhri Husaini.

 

2 dari 4 halaman

Dua Gelar Indra Sjafri

Indra Sjafri menorehkan sejarah pada 2013 lalu. Ia memimpin skuad yang sempat disebut Golden Generation menjadi juara di Piala AFF U-19 2013.

Skuad Garuda Nusantara saat itu memang dipenuhi banyak pemain potensial. Ada Evan Dimas, Zulfiandi, Maldini Pali, Ilham Udin, Hansamu Yama, dan banyak pemain lain.

Pada final, Timnas Indonesia U-19 berhadapan dengan Vietnam. Di laga itu, Tim Garuda Nusantara menang 7-6 lewat adu tendangan penalti dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Indra sukses mengulang prestasinya dengan membawa Timnas Indonesia U-22 menjadi juara Piala AFF U-22 2019. Saat itu, giliran Thailand yang dibabat. Marinus Wanewar dan kolega menang dengan skor 2-1 dan membuat Indonesia meraih gelar pertama di Piala AFF U-22.

 

3 dari 4 halaman

Fakhri Tak Mau Kalah

Timnas Indonesia U-16 tampil percaya diri di Piala AFF U-16 2022. Bermain sebagai tuan rumah (Sidoarjo dan Gresik), Tim Garuda Asia tampil sempurna pada fase grup dengan meraih lima kemenangan dari lima laga.

Pada semifinal, Timnas Indonesia U-16 harus berhadapan dengan musuh bebuyutan, Malaysia. Dalam laga itu pasukan Fakhri Husaini kembali menang 1-0.

Gelar juara pun akhirnya berhasil dipersembahkan Fakhri Husaini setelah dalam laga final, Timnas Indonesia U-16 menang lewat adu penalti atas Vietnam.

Harapan kita semua tentu saja Bima Sakti mampu mengikuti jejak dua seniornya tersebut. Bima bisa mengantar Timnas Indonesia U-16 menjadi juara di Piala AFF U-16 2022.

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan Final Piala AFF U-16 2022:

Jumat, 12 Agustus 2022

Timnas Indonesia U-16 Vs Vietnam

  • Venue: Stadion Maguwoharjo, Sleman
  • Kick-off 20.00 WIB
  • Siaran langsung: Indosiar
  • Live Streaming: Vidio

Video Populer

Foto Populer