Sukses


Duel Antarlini Vietnam Vs Timnas Indonesia U-16 di Final Piala AFF U-16 2022: Laga Tensi Tinggi!

Bola.com, Sleman - Piala AFF U-16 2022 akhirnya memasuki partai puncak. Timnas Indonesia U-16 akan berhadapan dengan penantang berat, Vietnam di laga final turnamen sepak bola junior di Asia Tenggara itu.

Laga ini akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Jumat (12/8/2022) malam WIB mendatang. Laga ini merupakan pertemuan para mantan juara Piala AFF U-16.

Timnas Indonesia U-16 diketahui pernah sekali juara di ajang itu pada 2018. Vietnam memiliki prestasi yang lebih mentereng.

Mereka sejauh ini mengoleksi tiga gelar. Jumlah yang sama seperti yang dimiliki Thailand. Hal itu membuat keduanya menjadi pemilik gelar terbanyak dalam sejarah Piala AFF U-16.

Sebelum menyaksikan duel antara Timnas Indonesia U-16 versus Vietnam yang rencananya akan disiarkan Indosiar dan Vidio ini, Bola.com memiliki analisa tersendiri mengenai duel yang terjadi antarlini dari kedua tim. Simak ulasannya di bawah ini.

 

2 dari 5 halaman

Penjaga Gawang

Untuk posisi penjaga gawang Timnas Indonesia U-16 akan kembali diperkuat Andrika Fathir. Kiper satu ini selalu dimainkan sejak laga pertama di babak penyisihan.

Performa Andrika Fathir pun meningkat. Ia bahkan menjadi pahlawan kemenangan Garuda Asia di babak semifinal.

Sementara di sisi lain, Vietnam kemungkinan besar tak bisa diperkuat kiper utamanya, Pham Dinh Hai. Kiper bernomor punggung 1 itu mengalami cedera setelah berbenturan dengan striker Thailand di babak semifinal.

Sebagai gantinya, Vietnam akan mengandalkan kiper pelapis Do Quyen Anh. Situasi ini tentu harus dimanfaatkan dengan baik oleh Timnas Indonesia U-16.

 

3 dari 5 halaman

Lini Pertahanan

Vietnam memiliki Khuc Trung Hieu di lini belakang. Bek bernomor punggung 5 ini sangat sentral perannya di Piala AFF U-16 2022.

Khuc Trung Hieu selalu dimainkan sejak laga pertama. Ia akan berkolaborasi dengan dua bek tengah Vietnam lain Vi Dinh Thuong dan Nguyen Luong Tuan Khai.

Sementara di sisi lain, Timnas Indonesia U-16 punya sosok Iqbal Gwijangge. Kapten sekaligus bek tengah andalan di lini belakang.

Iqbal diperkirakan akan berduet dengan Andre Pangestu. Sementara di sisi sayap akan diisi Rizdjar Nurviat Subagja dan Muhammad Ridho Al Ikshan.

 

4 dari 5 halaman

Lini Tengah

Bakal terjadi duel yang sangat menarik di lini tengah dalam pertandingan ini. Sebab, Timnas Indonesia U-16 dan Vietnam memiliki pemain dengan karakter yang mirip.

Mereka adalah Hanif Ramadhan di kubu Indonesia dan Nguyen Cong Phuong di kubu Vietnam. Kebetulan keduanya sama-sama memiliki nomor punggung enam.

Selain Hanif, Timnas Indonesia U-16 bisa mengandalkan para pemain lain. Sebut saja seperti Tegar Islami, Kafiatur Rizky atau Riski Afrisal.

Para pemain pelapis seperti Figo Dennis juga tak bisa disepelekan. Ia masuk di babak kedua dan memberikan perubahan di laga semifinal melawan Myanmar.

5 dari 5 halaman

Lini Serang

Untuk lini depan, Timnas Indonesia U-16 akan kembali mengandalkan Arkhan Kaka. Sejauh ini Kaka tampil apik di Piala AFF U-16 2022 dengan mencetak dua gol.

Kaka akan ditopang dua pemain sayap cepat dalam laga nanti. Mereka adalah Nabil Asyura atau Riski Afrisal yang bisa didorong lebih ke depan.

Vietnam juga memiliki striker tajam dalam diri Phan Thanh Đức Thiện. Pemain bernomor punggung 18 ini sudah mencetak empat gol. Jumlah gol yang sama seperti yang dimiliki Nabil Asyura.

Video Populer

Foto Populer