Sukses


3 Alasan Timnas Indonesia U-16 Bisa Juarai Piala AFF U-16 2022: Momentum di Kandang, di Atas Kertas Sangat Layak!

Bola.com, Sleman - Timnas Indonesia U-16 lolos ke babak final Piala AFF U-16 2022. Tim besutan Bima Sakti menang bakal meladeni Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Jumat (12/8/2022) malam WIB.

Kedua tim sempat berbagi angka 1-1 hingga waktu normal berakhir. Pada babak adu tendangan penalti, Garuda Asia menang 5-4.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti bersyukur dengan kemenangan ini.

Berhadapan dengan Vietnam, Timnas Indonesia U-16, waspada meski menang 2-1 pada laga fase grup.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Momentum Tuan Rumah

Timnas Indonesia U-16 baru sekali menjadi juara Piala AFF U-16. Kala itu, tim berjuluk Garuda Asia ini meraih gelar pada edisi 2018 di Sidoarjo, Jawa Timur.

Empat tahun berselang, Timnas Indonesia U-16 kembali terpilih sebagai tuan rumah Piala AFF U-16 2022. Garuda Asia juga masuk final. Mampukah armada Bima Sakti mengulang pencapaian 2018?

Faktor sebagai tuan rumah tentu menjadi keuntungan bagi suatu tim. Dukungan suporter dan bermain dekat dari rumah dapat meningkatkan daya juang para pemain.

Timnas Indonesia U-16 terus mendapatkan motivasi dari pendukungnya mulai dari babak penyisihan hingga final. Garuda Asia punya kartu as di partai puncak.

3 dari 5 halaman

Tak Terkalahkan

Keberhasil menembus babak final ini sebenarnya sudah tidak mengejutkan. Sebab, Timnas Indonesia U-16 sudah menampilkan performa impresif sejak fase penyisihan Grup A.

Itu dimulai dengan menang 2-0 atas Filipina di laga pertama (31/7/2022). Berikutnya, mereka berpesta gol dengan skor mencolok 9-0 ke gawang Singapura (3/8/2022).

Hasil yang paling mengejutkan terjadi di laga ketiga melawan tim kuat Vietnam. Timnas Indonesia U-16 sempat tertinggal 0-1, tapi kemudian mencetak dua gol balasan dan akhirnya menang dengan skor 2-1 (6/8/2022).

Apa yang mereka tunjukkan dalam empat laga sebelumnya sudah jadi modal penting untuk menjadi juara. Namun, tetap ada sejumlah catatan mengenai kelebihan dan kekurangan Timnas Indonesia U-16 di ajang ini.

4 dari 5 halaman

Agresif dan Variatif

Seperti yang telah disebutkan, agresivitas menjadi kunci kemenangan Timnas Indonesia U-16. Sejak menit pertama, Iqbal Gwijangge dkk. tampil menyerang demi memenangi pertandingan.

Seperti saat melawan Myanmar, tak tanggung-tanggung, sebanyak 29 tembakan mereka torehkan selama 90 menit. Namun, hanya enam saja yang mengarah ke gawang dan satu di antaranya berbuah gol.

Performa agresif mereka ini justru membuat lebih percaya diri menghadapi tim lawan. Upaya bermain menyerang dengan membukukan banyak tembakan menunjukkan dominasi kekuatan Timnas Indonesia U-16.

5 dari 5 halaman

Jadwal Final

Final Piala AFF U-16 2022

Jumat, 12 Agustus 2022

  • Timnas Indonesia U-16 Vs Vietnamr
  • Venue: Stadion Maguwoharjo, Sleman
  • Kick-off 20.00 WIB
  • Live Indosiar
  • Live Streaming Vidio

Video Populer

Foto Populer