Sukses


Pembuktian Bima Sakti: Gagal di Piala AFF 2018, Juara Bersama Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022

Bola.com, Sleman - Kegagalan empat tahun lalu terus menghantui Bima Sakti. Butuh bertahun-tahun baginya untuk menghapus cap pelatih gagal. Dia membuktikan bahwa dirinya adalah pelatih berprestasi.

Bima Sakti mendapatkan mandat sebagai pelatih Timnas Indonesia level senior untuk Piala AFF 2018 setelah Luis Milla kabur ke kampung halamannya di Spanyol.

Ketika itu, riwayat karier kepelatihan Bima Sakti masih minim. Dia hanya pernah menjadi asisten pelatih Persiba Balikpapan pada 2016 dan Timnas Indonesia dan U-23 pada 2017-2018.

Rekam jejak Bima Sakti selaras dengan perjalanan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018, sama-sama pendek.

2 dari 5 halaman

Tersingkir di Penyisihan

Timnas Indonesia hancur lebur di Piala AFF kala itu. Tim berjuluk Skuad Garuda ini tersingkir di babak penyisihan. Armada Bima Sakti hanya mampu meraih empat poin dari empat partai.

Berbagai kritikan menghajar Bima Sakti sepanjang turnamen. Dia kerap dianggap tidak becus memoles Timnas Indonesia. Namun, Bima Sakti selalu bersikap gentleman.

"Seperti yang kita tahu, hasilnya seperti ini. Saya sampaikan sekali lagi, saya minta maaf kepada seluruh insan sepak bola Indonesia atas kegagalan ini," kata Bima Sakti medio November 2018 seusai kegagalan Timnas Indonesia.

Buntut hasil mengecewakan itu, Bima Sakti turun kasta dari pelatih Timnas Indonesia level senior menjadi nakhoda timnas U-16 per Desember 2018.

3 dari 5 halaman

Gagal di Percobaan Pertama

Bima Sakti kembali gagal di Piala AFF, kali ini bersama Timnas Indonesia U-15 di edisi 2019.

Tim berjulukan Garuda Asia itu mampu mendominasi babak penyisihan dengan keluar sebagai juara Grup A, namun rontok di semifinal.

Kemenangan 3-2 melalui adu penalti melawan Vietnam menjadi obat pelipur lara Bima Sakti yang membawa Timnas Indonesia U-15 finis di peringkat ketiga di Piala AFF U-15 2019.

4 dari 5 halaman

Sempurna di Piala AFF U-16 2022

Setelah vakum pada 2020 dan 2021 akibat pandemi COVID-19, Piala AFF U-16 kembali digelar pada 2022 dengan Indonesia menjadi tuan rumah.

Bima Sakti mempersiapkan Timnas Indonesia U-16 sebaik mungkin, terutama menyelenggarakan pemusatan latihan berkali-kali sejak awal tahun ini.

Berkat kerja keras selama latihan plus dukungan penuh dari masyarakat, Timnas Indonesia U-16 mampu keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2022 dengan rekor sempurna.

Timnas Indonesia U-16 selalu menang sejak babak penyisihan, puncaknya ketika mengalahkan Vietnam 1-0 dalam babak final Piala AFF U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022).

5 dari 5 halaman

Untuk Masyarakat dan Keluarga

Bima Sakti mempersembahkan keberhasilan Timnas Indonesia U-16 untuk masyarakat Indonesia dan keluarganya.

"Alhamdulillah, kemenangan Timnas Indonesia U-16 ini berkat kerja keras semua pemain, pelatih, dan ofisial," ujar Bima Sakti.

"Kemenangan ini saya persembahkan untuk anak saya, Bimantara, Rissa, dan Jeje yang selalu memberikan dukungan kepada saya."

"Juga kepada istri dan orang tua saya yang datang ke sini. Kemenangan ini untuk masyarakat Indonesia," tutur pelatih berusia 46 tahun tersebut.

Video Populer

Foto Populer