Sukses


Kalah di Final Piala AFF U-16 2022, Pelatih Vietnam Sindir Wasit dan Suporter Timnas Indonesia U-16

Bola.com, Sleman - Vietnam harus mengakui ketangguhan Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022. The Golden Stars muda kalah 0-1 pada laga final yang berlangsung pada Rabu (12/8/2022) malam WIB.

Pelatih Vietnam, Nguyen Quoc Tuan senang dengan performa para pemain asuhannya. Ia merasa para pemain Vietnam sudah berjuang maksimal meski mendapatkan tekanan hebat dari suporter tuan rumah.

Quoc Tuan juga kembali berbicara soal kepemimpinan wasit. Hal serupa pernah ia utarakan saat laga melawan Timnas Indonesia U-16 di babak penyisihan yang lalu.

"Kami senang dengan permainan tim kami, mereka bermain semangat meski mendapatkan tekanan dari fans dan dari wasit," katanya.

2 dari 5 halaman

Berusaha Keras

Nguyen Quoc Tuan pun menyatakan para pemain asuhanya sudah berusaha keras. Mereka ia sebut telah berjuang dan memberikan 100 persen dari kemampuan di laga melawan Timnas Indonesia U-16.

"Kami mencoba yang terbaik, kami mencoba 100 persen," katanya. Quoc Tuan pun mengaku ia memetik banyak pelajaran di Piala AFF U-16 2022. Ia bisa memberikan pengalaman bertanding yang luar biasa kepada para pemain Vietnam.

"AFF U-16 ini jadi pelajaran bagi kami bagi pemain, kami dapat kesempatan untuk bermain dalam tekanan fans tuan rumah dan wasit. Target kami selanjutnya adalah Kualifikasi Piala AFC U-17," tandas Quoc Tuan.

3 dari 5 halaman

Kartu Merah

Pada laga ini, Nguyen Quoc Tuan tak bisa mendampingi skuadnya hingga laga berakhir. Ia harus rela masuk ke ruang ganti lebih dulu.

Sebab, di menit ke-90, Quoc Tuan mendapatkan kartu merah langsung dari wasit. Ia dinilai melakukan protes terlalu keras dan mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas.

Tensi laga antara Timnas Indonesia U-16 memang sangat tinggi. Terutama pada masa-masa akhir pertandingan babak kedua.

4 dari 5 halaman

Laga Sengit

Skuat Garuda Asia berhasil menang tipis 1-0 atas Vietnam U-16 dalam partai final di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022) malam. Ini merupakan trofi kedua bagi Indonesia di ajang yang setelah Piala AFF U-16 2018 yang juga berstatus tuan rumah.

Gol tunggal laga ini dicetak oleh gelandang Kafiatur Rizky yang bermain sangat apik dalam pertandingan penting ini.

Duel ini sudah berjalan panas sejak menit pertama. Beberapa pelanggaran juga terjadi. Kedua tim sama-sama berusaha keluar dan tampil menyerang, namun upaya mereka kerap gagal sampai 10 menit pertama.

5 dari 5 halaman

Aksi Timnas Vietnam

Video Populer

Foto Populer