Sukses


Bonusnya Rp750 Juta, PSSI Juga Siapkan Program Khusus untuk Timnas Indonesia U-16 Usai Juara Piala AFF

Bola.com, Sleman - PSSI menyiapkan bonus ratusan juta rupiah kepada skuad Timnas Indonesia U-16 usai mereka menjadi juara Piala AFF U-16 2022.

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan menyatakan total bonus yang diberikan untuk skuad asuhan Bima Sakti mencapai 750 juta rupiah. Itu termasuk bonus 500 juga rupiah yang diberikan usai laga final melawan Vietnam.

"Pertama 100 juta, kemarin 150, kali ini 500 untuk anak-anak," ujar Iriawan.

Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 di Stadion Maguwoharjo, Jumat (13/8/2022) malam WIB.

2 dari 5 halaman

Bangga

Sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu pun merasa sangat bangga prestasi yang ditampilkan Arkhan Kaka dan kolega. Timnas Indonesia U-16 bisa membuat bangga Bangsa Indonesia.

"Kepada anak-anakku luar biasa kalian bermain. Saya sore sempat ketemu mereka. Terima kasih Bima Sakti telah memberikan terbaik. Saya sampaikan malam ini kalian harus main terbaik, berikan yang terbaik untuk rakyat Indonesia," ungkap Iwan Bule.

3 dari 5 halaman

Tak Hanya Bonus

Iwan Bule kemudian menyatakan dirinya tak hanya memberikan bonus kepada skuad Timnas Indonesia U-16. Program jangka panjang pun sudah disusun.

Sebab, usia Muhammad Iqbal Gwijangge dan kolega saat ini rata-rata masih di bawah usi 16 tahun. Jalan karier mereka masih sangat panjang.

Salah satu program yang ada di road map itu menurut Iwan Bule adalah menjalani pemusatan latihan di Eropa. Negara yang akan dipilih pun tak main-main.

"TC keluar Negeri ada di road map kita. Kita ke negara yang betul-betul kuat, entah ikut kompetisi di situ atau bagaimN, seperti Spanyol, Portugal, Belanda dan sebagainya, " tandas purnawirawan Polisi itu.

4 dari 5 halaman

Harus Dijaga

Komitmen serupa diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali. Ia ingin Timnas Indonesia U-16 generasi ini bisa dijaga.

Agar nantinya Indonesia mendapatkan para pemain bagus di Timnas level yang lebih senior. Seperti ketika tampil di SEA Games 2025 atau 2027."Kita punya harapan untuk mereka. Timnas yang bagus untuk beberapa tahun kedepan," ungkap Amali.

"Mudah-mudahan tim ini bisa tetap seperti sekarang. Saya komitmen dengan ketum PSSI, kita jaga, kita proyeksikan di U-20 dan SEA Games 2025 dan 2027," tandas Amali.

5 dari 5 halaman

Gelar Kedua

Timnas Indonesia U-16 berhasil menjadi juara di Piala AFF U-16 2022. Garuda Asia menang 1-0 atas Vietnam di babak final yang berlangsung, Rabu (12/8/2022) malam WIB di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DIY.

Itu adalah gelar kedua Timnas Indonesia U-16 di ajang Piala AFF U-16. Sebelumnya, Garuda Asia meraih gelar di tahun 2018. Kebetulan saat itu Indonesia juga menjadi tuan rumah.

Video Populer

Foto Populer