Sukses


Bima Sakti Tak Mau Takabur Setelah Bawa Timnas Indonesia U-16 Juara Piala AFF: Saya Pelatih Kampung..

Bola.com, Sleman - Bima Sakti baru saja mendapatkan prestasi yang luar biasa. Ia mampu membawa Timnas Indonesia U-16 meraih gelar juara di Piala AFF U-16 2022.

Di babak final yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Rabu (12/8/2022) malam WIB lalu. Di laga final, Garuda Asia mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0.

Ini adalah trofi pertama yang diraih Bima Sakti sebagai pelatih kepala. Meski hanya di level kelompok umur, prestasi ini layak dibanggakan.

Lalu kemudian timbul pertanyaan. Apa yang selanjutnya akan dilakukan Bima Sakti?

Apalagi dengan keberhasilan ini, Bima akan dibanding-bandingkan dengan pelatih Timnas Indonesia yang lain.

"Kalau dibandingkan ya saya kalah lah, saya pelatih kampung saja," ujar Bima Sakti merendah.

2 dari 5 halaman

Masih di Timnas Indonesia U-16

Namun, Bima tampaknya masih akan terus menukangi Timnas Indonesia U-16. Tim ini akan mengikuti babak kualifikasi Piala Asia U-17.

Ajang itu akan digelar pada Oktober 2022 nanti. Kebetulan Indonesia kembali menjadi tuan rumah pada ajang kualifikasi itu.

Indonesia akan bersaing dengan empat tim lain pada babak kualifikasi tersebut. Ada Malaysia, Guam, Uni Emirat Arab, dan Palestina yang siap mengganjal langkah Garuda Asia.

"Mau TC di dalam negeri maupun di luar negeri kita jalan. Kita berharap bisa beruji coba di luar negeri nanti. Sebab, lawan kita di Kualifikasi Piala Asia U-17 nanti ada Uni Emirat Arab, Palestina, Guam dan Malaysia," harap Bima.

3 dari 5 halaman

Kembali ke Klub

Setelah berlaga di Piala AFF U-16 2022, para pemain akan kembali ke klub masing-masing. Mereka akan mengikuti beberapa turnamen bersama klub mereka.

Dalam waktu dekat, ajang Elite Pro Academy U-16 akan digulirkan. Banyak pemain Timnas Indonesia U-16 akan berlaga di ajang itu.

Bima Sakti menyatakan pihaknya akan melakukan komunikasi dengan klub pemilik para pemain. Bima meminta agar pemain yang baru saja pulang dari membela Timnas Indonesia U-16 untuk tidak dipaksakan bermain di tensi tinggi.

"Setelah jni kembali ke klub, EPA juga akan digulirkan nanti kita akan koordinasi dengan klub bagaimana soal kondisi pemain karena mereka capek mereka jangan dipaksakan," tandas Bima Sakti.

4 dari 5 halaman

Komentar Iwan Bule

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan memastikan bahwa Bima Sakti akan tetap melatih Timnas Indonesia U-16 setelah menjuarai Piala AFF U-16 2022.

Keberhasilan membawa Timnas Indonesia U-16 belum membawa Bima Sakti promosi ke timnas level usia di atasnya, seperti U-19 atau U-23.

"Timnas Indonesia U-16 masih akan dikawal oleh coach Bima Sakti," ujar Iriawan di Stadion Maguwoharjo, Jumat (12/8/2022) dinukil dari Antara.

"Nanti, kami akan mencarikan lagi pemain Timnas Indonesia U-16 untuk berikutnya," tutur pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

5 dari 5 halaman

Sejak 2018

Bima Sakti telah menjadi pelatih Timnas Indonesia U-16 sejak Desember 2018 untuk menggantikan Fakhri Husaini.

Sebelumnya, Bima Sakti menjadi nakhoda timnas senior di Piala AFF 2018.

Bima Sakti mampu membawa Timnas Indonesia U-16 lolos ke Piala Asia U-16 2022, namun turnamen itu batal digelar karena pandemi COVID-19.

Video Populer

Foto Populer