Sukses


Pesan Netizen soal Timnas Indonesia U-16 Juara Piala AFF U-16 2022: Nanti Waktu Senior Kalah sama Naturalisasi

Bola.com, Jakarta - Netizen bereaksi dengan keberhasilan Timnas Indonesia U-16 meraih juara Piala AFF U-16 2022. Ada yang ikut merayakan euforia ini, namun ada pula yang mengingatkan bahwa prestasi ini harus ditanggapi dengan wajar.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-16 berhasil keluar sebagai kampiun Piala AFF U-16 setelah mengalahkan Vietnam 1-0 dalam babak final di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022) malam.

Pelatih Bima Sakti sendiri sudah menekankan kepada para pemainnya untuk tidak terlalu larut dalam keberhasilan ini. Prestasi ini bisa dirayakan sewajarnya mengingat jalan Iqbal Gwijangge dkk. masih panjang.

Setelah pertandingan, muncul sebuah potongan video yang diunggah oleh akun twitter yang menampilkan staf kepelatihan Timnas Indonesia U-16. Mereka berteriak dengan keberhasilan juara ini sambil menyebut “local pride”.

Hal ini terkesan wajar karena semua pemain Timnas Indonesia U-16 memang anak-anak muda yang masih menimba karier di level junior. Jajaran kepelatihan juga diisi oleh pelatih lokal, tak ada nama asing di dalamnya.

Namun, netizen justru menyindir potongan video tersebut. Mereka merujuk pada kegagalan sejumlah nama pemain yang dulu pernah juara di level junior malah gagal menembus Timnas Indonesia senior.

Hal ini juga tidak lepas dari kebijakan naturalisasi yang dilakukan PSSI. Alhasil, banyak pemain-pemain asing yang berdarah Indonesia malah menghiasi skuat Garuda hingga sekarang.

2 dari 12 halaman

Bisa Jadi Bumerang

3 dari 12 halaman

Lokal Pride

4 dari 12 halaman

Berkaca dari Era Evan Dimas

5 dari 12 halaman

Enggak Perlu Menunggu 15 Tahun

6 dari 12 halaman

Teringat Timnas Indonesia Dibanta Bahrain

7 dari 12 halaman

Lihat Saja 5 Tahun Lagi

8 dari 12 halaman

Belajar dari Pengalaman

9 dari 12 halaman

Semoga Lebih Baik

10 dari 12 halaman

Jangan Sombong

11 dari 12 halaman

Mental dan Mindset

12 dari 12 halaman

Sering Juara di Kelompok Umur

Video Populer

Foto Populer