Sukses


5 Alasan Timnas Indonesia U-16 Layak Menjadi Juara Piala AFF U-16 2022

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 memastikan diri menjadi juara Piala AFF U-16 2022. Garuda Asia mengalahkan Vietnam di final Piala AFF U-16 2022, Jumat (12/8/2022) malam WIB lalu.

Di laga itu Timnas Indonesia U-16 menang 1-0 atas Vietnam. Muhammad Kafiatur Rizky menjadi pahlawan kemenangan itu dengan mencetak satu-satunya gol Garuda Asia.

Gelar ini menjadi gelar kedua yang diraih Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022. Gelar pertama diraih empat tahun yang lalu di Sidoarjo.

Ini juga menjadi gelar keempat yang diraih Indonesia di level kelompok umur kompetisi AFF. Sebelumnya Indonesia peranh menjadi juara Piala AFF U-19 2013, Piala AFF U-16 2018, dan Piala AFF U-22 2019.

Bola.com mengumpulkan lima alasan mengapa Timnas U-16 layak menjadi juara di Piaal AFF U-16 2022. Simak ulasannya di bawah ini.

 

 

2 dari 6 halaman

Kualitas Skuad Merata

Skuad Timnas Indonesia U-16 diberkahi dengan skuad yang merata di semua lini. Beberapa kali pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti beberapa kali mensyukuri hal itu.

Ucapan Bima memang terbukti. Sejak awal, Ikram Algifari sebagai kiper utama tidak bisa tampil karena sakit. Tapi Andrika Fathir mampu menggantikannya dengan baik.

Hanif Ramadhan yang menjadi andalan di fase grup tak bisa tampil di semifinal. Namun, absennya Hanif juga tak terlalu memberikan masalah berarti bagi Garuda Asia.

 

 

 

3 dari 6 halaman

Kecerdikan Bima Sakti

Keberhasilan Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 ini juga tak lepas dari kecerdikan Bima Sakti. Bima memiliki taktik dan strategi yang menarik.

Salah satu kelebihan Bima adalah mampu menyatukan skuadnya baik di dalam dan luar lapangan. Secara spiritual, Iqbal Gwijangge dan kolega juga luar biasa.

Mereka menjadi skuad yang disiplin berkat aturan-aturan yang dibuat oleh tim kepelatihan yang dipimpin Bima Sakti.

 

 

 

 

4 dari 6 halaman

Mental Pemenang

Pemain berusia di bawah 16 tahun tentu mentalitasnya belum terbentuk sempurna. Itu yang sebenarnya dialami para pemain Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022.

Namun, perlahan mereka mampu mengatasi hal itu. Mereka bisa tampil tenang meski di hadapan puluhan ribu penonton di Stadion Maguwoharjo, terutama di babak final.

Skuad Garuda Asia menjadikan padatnya suporter itu sebagai tambahan energi dan motivasi di lapangan. Bukan justru menjadi beban bagi mereka.

 

 

 

 

5 dari 6 halaman

Persiapan Matang

Bima Sakti sudah melakukan seleksi pemain sejak awal tahun 2022 lalu. Berbagai persiapan pun sudah dilakukan sebelum berlaga di Piala AFF U-16 2022.

Ajang tersebut baru dimulai pada 31 Juli 2022. Namun, skuad Garuda Asia sudah berada di Yogyakarta sejak 11 Juli 2022.

Mereka menjalani persiapan dengan sangat serius. Berbagai program latihan keras dijalani Riski Afrisal dan kolega demi meraih hasil maksimal.

 

 

 

6 dari 6 halaman

Dukungan Maksimal

Satu lagi kunci keberhasilan Timnas Indonesia U-16 menjadi juara di Piala AFF U-16 2022 adalah dukungan yang luar biasa. Baik dari suporter, federasi juga pemerintah Indonesia.

Suporter memberikan dukungan moril dengan maksimal. Sementara itu, federasi dan pemerintah menyediakan segala hal yang diperlukan oleh skuad Timnas Indonesia U-16 sebelum, hingga selama bertanding di Sleman.

Selain kemampuan pemain dan pelatih, dukungan dari suporter, federasi, dan pemerintah memang sangat diperlukan untuk meraih prestasi.

Video Populer

Foto Populer