Sukses


Klarifikasi Menpora Mengapa Ikut Angkat Trofi bersama Timnas Indonesia U-16: Saya Disuruh Presiden AFF

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali memberikan klarifikasi soal perbincangan yang ramai di media sosial mengenai dirinya dalam perayaan juara Timnas Indonesia U-16 di ajang Piala AFF U-16 2022.

Zainudin Amali ikut mengangkat trofi juara yang diraih Timnas Indonesia U-16. Tidak sendiri, ia bersama Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule berada di panggung merayakan pesta juara dengan skuad tim Garuda Muda.

Diketahui, Timnas Indonesia U-16 racikan Bima Sakti keluar sebagai juara setelah mengalahkan Vietnam di partai final yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (2/8/2022) malam WIB. Gol tunggal Kafiatur Rizky membuat Indonesia mengulang prestasi tahun 2018.

"Saya itu awalnya diminta oleh master of ceremony (MC) untuk naik ke atas panggung bersama Presiden AFF, Sekjend AFF, Ketum PSSI dan Sekjend PSSI. Kami secara bergantian memberikan penghargaan dan mengalungkan medali, mulai dari wasit, pencetak gol terbanyak, penjaga gawang hingga pemain terbaik," terang Menpora, Zainudin Amali.

2 dari 5 halaman

Diminta Presiden AFF

Menurut Menpora Amali, dirinya bersama Ketua Umum PSSI dan Sekjen AFF diminta oleh Presiden AFF, untuk penyerahan piala dan memegang trofinya. Kemudian trofi diangkat ke atas secara bersama-sama.

"Saya mendapat giliran menyerahkan kepada pemain terbaik (M. Iqbal) dan mengalungkan medali bersama Ketum PSSI kepada juara I (Indonesia). Setelah selesai semuanya, tibalah saatnya penyerahan piala AFF U-16 oleh Presiden AFF kepada Captain Tim (M. Iqbal)," tuturnya.

"Saat itulah Presiden AFF meminta saya bersama Ketum PSSI dan Sekjend AFF untuk memegang piala bersama-sama kemudian diangkat keatas bersama-sama," lanjut dia.

3 dari 5 halaman

Berkeliling Lapangan

Usai penyerahan trofi itu, Menpora Amali justru diajak kembali oleh Muhammad Iqbal dkk. untuk kembali berfoto bersama dengan momen mengangkat trofi. Jadi, M. Iqbal dkk yang mengajak Menpora Amali sambil mengangkat trofi sebagai euforia kebanggaan atas kemenangan Timnas U-16.

"Ramailah suasananya, anak-anak dengan riang gembira menikmati kemenangan sambil berfoto bersama. Setelah itu, saya turun podium, tapi baru beberapa langkah Iqbal dkk serta ofisial memanggil lagi supaya saya bersama Ketum PSSI berfoto dengan mereka," sebut Menpora Amali.

"Ada juga momen yang sambil mengangkat piala trofi itu. Jadi, bukan keinginan saya.  Tapi para pemain yang sedang gembira meminta saya berfoto memegang piala dengan mereka. Bahkan, saya juga diajak keliling lapangan bersama mereka sambil menyapa penonton. Begitulah kejadian sebenarnya," jelas Zainudin Amali.

4 dari 5 halaman

Perjalanan Timnas Indonesia U-16

Perjalanan skuad besutan Bima Sakti di Piala AFF U-16 2022 terbilang mulus. Mereka menjadi juara grup A dengan raihan nilai sempurna setelah mengalahkan Filipina, Singapura, dan Vietnam.

Tim Garuda Asia pun melangkah ke semifinal Piala AFF U-16 2022 dengan status juara grup, mengemas 13 gol dan hanya satu kali kebobolan.

Di semifinal, Timnas Indonesia U-16 sukses menyingkirkan Myanmar melalui drama adu penalti setelah kedua tim bermain sama kuat 1-1.  Puncaknya adalah Arkhan Kaka dkk. menang tipis 1-0 atas Vietnam di partai puncak.

5 dari 5 halaman

Superior

Tidak hanya menjadi tim yang berhasil menjadi juara Piala AFF U-16 2022, Timnas Indonesia U-16 juga berhasil mencatat angka produktivitas gol yang cukup tinggi.

Tim Garuda Asia menjadi tim paling produktif dengan torehan 15 gol, unggul atas Vietnam dan Thailand yang sama-sama mengemas 13 gol sepanjang turnamen.

Tak hanya itu saja, Timnas Indonesia U-16 juga menjadi tim yang paling sedikit kebobolan. Gawang tim Garuda Asia hanya bobol dua kali, jumlah yang sebenarnya sama seperti Laos yang menjadi runner-up Grup B tapi gagal lolos ke semifinal.

Video Populer

Foto Populer