Sukses


Sebuah Catatan dari Piala AFF U-16 2022: Suporter, Energi Tambahan Timnas Indonesia yang Harus Terus Berbenah

Bola.com, Sleman - Kesuksesan Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022 menyisakan banyak cerita menarik. 

Satu cerita yang menarik dibahas adalah bagaimana dukungan suporter yang benar-benar mampu memberikan energi tambahan bagi skuad Garuda Asia. Meski pada awalnya, antusiasme suporter untuk menonton Timnas Indonesia U-16 cukup rendah.

Terutama ketika masih di fase penyisihan. Saat menghadapi Filipina di laga pertama, hanya 1.439 yang hadir di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Jumlah penonton pun meningkat di laga kedua saat Timnas Indonesia U-16 menghadapi Singapura. Ada 1.759 suporter yang hadir di laga itu.

Saat menghadapi Vietnam di laga terakhir Grup A, jumlah suporter yang hadir di Maguwoharjo meningkat 10 kali lipat. Ada 10.599 pendukung setia Timnas Indonesia U-16 yang memadati Maguwoharjo saat itu.

2 dari 5 halaman

Mencapai Puncak di Final

Animo suporter Timnas Indonesia U-16 sempat sedikit mengalami penurunan di babak semifinal. Sebanyak 9.427 menghadiri laga semifinal antara tim asuhan Bima Sakti melawan Myanmar.

Jumlah kehadiran penonton mencapai puncaknya di babak final. Saat menghadapi Vietnam pada babak final (12/8/2022) lalu, ada 22.579 penonton yang hadir di laga itu.

Mereka tidak hanya duduk diam dan menonton pertandingan. Pada suporter tidak pernah lelah untuk bernyanyi juga memberikan tekanan kepada para pemain Vietnam.

Di awal babak pertama salah satu sudut tribune Maguwoharjo bahkan terdapat koreografi yang menarik. Dalam koreo itu terdapat banner raksasa bergambar Garuda Pancasila.

3 dari 5 halaman

Tim Lawan Mengeluh

Kehebohan suporter Timnas Indonesia U-16 selama Piala AFF U-16 2022 dikeluhkan oleh pelatih lawan. Pelatih Vietnam, Nguyen Quoc Tuan menjadi sosok yang paling banyak bicara soal hal itu.

Setelah kalah 1-2 dari Timnas Indonesia U-16 pada laga terakhir Grup A lalu, Nguyen Quoc Tuan merasa para pemainnya kehilangan fokus berkat adanya tekanan hebat dari para pendukung Garuda Asia.

"Sebelum laga kami sudah memperkirakan akan banyak tekanan dari para fans. Kami kehilangan fokus di babak kedua dan kebobolan dua gol dari Indonesia," keluhnya.

Setelah kalah di babak final dari Timnas Indonesia U-16, pelatih Vietnam kembali berbicara mengenai peran suporter Timnas. Meski, Nguyen Quoc Tuan juga berbicara mengenai kinerja wasit pada laga itu.

"Kami senang dengan permainan tim kami, mereka bermain semangat meski mendapatkan tekanan dari fans dan dari wasit," katanya.

4 dari 5 halaman

Kehadiran Penonton Timnas Indonesia di Piala AFF U-16 2022

Final: 22.579

Semifinal: 9.427

Laga ketiga Grup A: 10.599

Laga kedua Grup A: 1.759

Laga pertama Grup A: 1.439

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer