Sukses


7 Pemain Timnas Indonesia U-16 yang Layak Naik Kelas dan Tampil di Piala Dunia U-20 2023

Bola.com, Jakarta - Keberhasilan Timnas Indonesia U-16 meraih juara Piala AFF 2022 cukup mengesankan. Mereka mampu tampil tak terkalahkan dalam lima laga sebelum meraih trofi ajang tersebut.

Sejumlah nama telah menjadi tulang punggung Timnas Indonesia U-16. Di usia yang masih belia, jalan karier mereka di sepak bola tentu masih panjang. Malah, beberapa dari mereka layak dimasukkan skuat Timnas Indonesia U-20.

Apalagi, Indonesia akan menjadi tuan rumah di Piala Dunia U-20 2023 yang digelar pada Mei hingga Juni 2023. Timnas Indonesia U-20 arahan Shin Tae-yong yang akan tampil dalam ajang tersebut.

Nama-nama macam Marselino Ferdinan, Kakang Rudianto, Hokky Caraka, Ronaldo Kwateh, hingga Alfriyanto Nico akan menghiasi skuat tim tersebut. Tak, tak ada salahnya para pemain Timnas Indonesia U-16 juga dimasukkan.

Sejumlah nama layak untuk disertakan dalam ajang bergengsi tersebut. Bola.com telah merangkum pemain tim juara Piala AFF U-16 yang layak naik kelas ke level U-20 dan tampil di Piala Dunia U-20 2023. Simak ulasannya:

2 dari 8 halaman

Andrika Fathir

Kiper milik Borneo FC Samarinda ini jadi satu-satunya yang mendapat kesempatan tampil di Piala AFF U-16 2022. Andrika Fathir mampu tampil cemerlang dengan berbagai penyelamatan yang dilakukannya.

Dalam lima pertandingan, dia berhasil membukukan tiga clean sheet, termasuk saat menang 1-0 atas Vietnam di final. Andrika Fathir tentu layak untuk mendapat kesempatan di Timnas Indonesia U-20 agar kemampuannya semakin ditempa.

3 dari 8 halaman

Iqbal Gwijangge

Nama satu ini adalah bek andalan sekaligus kapten Timnas Indonesia U-16. Sudah tidak diragukan lagi, Iqbal Gwijangge adalah pemain belakang yang berkualitas. Tengok saja raihan gelar individu pemain terbaik di Piala AFF U-16 2022 lalu.

Iqbal juga tak pernah absen dalam lima pertandingan Piala AFF U-16. Kemampuannya semakin berkembang di setiap pertandingan. Pemain berdarah Papua ini bisa diberi kesempatan untuk bersaing di lini belakang Timnas Indonesia U-20.

4 dari 8 halaman

Rizdjar Nurviat Subagja

Lagi-lagi, pemain yang selalu tampil dalam lima laga Piala AFF U-16 muncul dalam daftar ini. Ridzjar Nurviat Subagja adalah pemain yang mampu tampil ngotot mengisi posisi bek kanan.

Beberapa kali, dia berhasil melakukan penetrasi ke lini depan dengan kemampuannya menyisir sisi sayap. Permainannya cukup apik. Jangan lupakan kecepatannya dalam mendribel bola yang kerap menyulitkan lawan.

5 dari 8 halaman

Riski Afrisal

Mengisi pos lini tengah, Riski Afrisal adalah pemain andalan dalam menyuplai bola ke lini depan. Dia tak jarang mampu muncul ke depan memberi kejutan dan melepas tembakan yang berbuah gol.

Riski sendiri tercatat mampu membukukan dua gol dalam ajang Piala AFF U-16 2022 lalu. Jangan lupa, dia juga termasuk pemain yang selalu mendapat kesempatan bertanding dalam lima laga.

6 dari 8 halaman

Kafiatur Rikzy

Sama seperti Riski Afrisal, Kafiatur Rizky adalah gelandang kreatif yang kerap memberi umpan matang ke depan. Pergerakannya juga menyulitkan lawan dan muncul ke depan demi memberi sokongan mencetak gol.

Sebagai gelandang, pemain Borneo Samarinda ini mampu menyumbang tiga gol di Piala AFF U-16. Dia juga merupakan pencetak gol tunggal ke gawang Vietnam di partai final yang menjadi penentu kemenangan laga itu.

7 dari 8 halaman

Nabil Asyura

Nama satu ini adalah winger yang cukup lincah. Pergerakannya sebagai pemain depan mampu merepotkan lawan. Nabil Asyura sendiri tercatat mencetak empat gol dan jadi top scorer Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022.

Bahkan, dia sempat mencetak hattrick alias tiga gol ke gawang Singapura. Satu gol lainnya merupakan penentu kemenangan dengan skor 2-1 atas Vietnam di fase grup. Nabil tentu patut diberi kesempatan di Timnas Indonesia U-20.

8 dari 8 halaman

Arkhan Kaka

Arkhan Kaka adalah ujung tombak Timnas Indonesia U-16 yang tergantikan dengan selalu tampil dalam lima laga. Beberapa kali peluang emas dibukukannya lewat sundulan yang merupakan andalannya dalam mencetak gol.

Kaka tercatat menyumbang dua gol, angka yang sebenarnya terbilang belum cukup untuk seorang striker. Namun, kemampuannya dalam menyundul bola menjadi nilai lebih untuk bergabung Timnas Indonesia U-20.

Video Populer

Foto Populer