Sukses


Iwan Bule soal Gaduh Angkat Trofi Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF: Orang Tidak Tahu Saya Berdarah-darah..

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan membela diri dari kritikan netizen setelah dianggap tidak pantas untuk mengangkat trofi Timnas Indonesia U-16 pada Piala AFF U-16 2022 di podium juara.

Iriawan bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali dan kapten Timnas Indonesia U-16, Iqbal Gwijangge mengangkat trofi juara Piala AFF U-16 di panggung utama.

"Susah ya. Saya menjaga timnas luar biasa. Orang tidak tahu saya berdarah-darah. Tapi, ini kewajiban saya," ujar pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

"Saya tunggu di Yogyakarta dan tidak pulang ke Jakarta. Orang tua pemain dihadirkan, sampai cium kaki orang tua. Itu memang tidak dilihat. Biasa netizen, saya anggap situasi yang wajar," jelasnya.

2 dari 5 halaman

Diminta Presiden AFF

Iwan Bule menjelaskan keberadaannya dengan Menpora di podium penyerahan medali dan trofi Piala AFF U-16 karena permintaan dari Presiden AFF, Khiev Sameth.

"Di sana, saya diminta Presiden AFF untuk naik ke podium, termasuk Pak Menpora. Iqbal juga minta saya untuk angkat trofi," tutur Iriawan.

"Jadi, apa yang salah? Sudah lah, sudah juara. Apresiasi mereka. Kita sudah luar biasa. Ingin juara. Alhamdulillah. Saya berikan motivasi yang luar biasa," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Tidak Ada Maksud Lain

Iwan Bule menyatakan tidak punya misi terselubung ketika turut mengangkat trofi juara Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 lantaran murni larut dalam kebahagiaan.

"Kalau bonus, pasti lah ya. Sudah lah. Tapi kembali lagi, terserah netizen. Yang jelas, saya bangga dengan Timnas Indonesia U-16," terang Iriawan.

"Netizen juga harus bangga. Saya tidak ada maksud apa-apa. Yang jelas euforia. Belum pernah di kepemimpinan saya menjadi juara. Wajar saja. Senang, bangga," paparnya.

4 dari 5 halaman

Gelar Pertama

Gelar Piala AFF U-16 2022 menjadi yang pertama bagi Timnas Indonesia semua level usia dalam rezim Iriawan yang dimulai pada 2019.

Selain gelar, pencapaian terbaik Timnas Indonesia seluruh kelompok umur di era Iriawan adalah keberhasilan timnas senior lolos ke Piala Asia 2023.

5 dari 5 halaman

Selamat dari Jokowi

Sementara itu, Presiden Jokowi mengucapkan selamat kepada Timnas Indonesia U-16 dan menganggap trofi juara Piala AFF U-16 sebagai kado Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI pada 17 Agustus 2022.

"Selamat kepada Timnas Indonesia U-16 yang telah mempersembahkan gelar juara Piala AFF U-16 dengan mengalahkan Vietnam 1-0 di Stadion Maguwoharjo," tulis Jokowi dalam akun Twitternya, @jokowi pada 13 Agustus 2022.

"Gelar juara Piala AFF U-16 ini menjadi sebentuk kado HUT Kemerdekaan," jelas mantan Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Solo tersebut.

Video Populer

Foto Populer