Sukses


Bima Sakti Bakal Bongkar Pasang Starting XI Timnas Indonesia U-16 untuk Kualifikasi Piala AFC U-17 2023

Bola.com, Jakarta - Pelatih Bima Sakti tak ingin cepat puas dengan materi pemain di Timnas Indonesia U-16 saat ini. Bima Sakti tak menutup kemungkinan untuk melakukan bongkar pasang starting XI timnya untuk tampil di Kualifikasi Piala AFC U-17 2023.

Timnas Indonesia U-16 baru saja menjuarai Piala AFF U-16 2022. Pelatih Bima Sakti bertekad lebih meningkatkan lagi kualitas Timnas U-16.

Apalagi peta persaingan di Kualifikasi Piala AFC U-17 2023 yang jauh lebih berat. Timnas Indonesia U-16 butuh pemain-pemain berkualitas untuk bisa bersaing mengamankan tiket ke Piala AFC U-17 2023.

"Yang pasti akan kami lihat perkembangan pemain-pemain yang ada di luar juga. Mungkin ada pemain yang belum terpantau," kata Bima Sakti saat ditemui pada sela-sela Konser 17an Indonesia Juara di Studio 5 Indosiar, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

2 dari 5 halaman

Tak Banyak

Namun, pelatih Bima Sakti memastikan perubahan susunan pemain di skuadnya tak akan banyak. Menurut Bima Sakti, skuad Timnas Indonesia U-16 yang saat ini sudah solid.

"Yang pasti tidak akan ada perubahan banyak karena tim ini sudah solid. Chemistry mereka juga sudah terlihat," ucap Bima Sakti.

"Hubungan mereka bukan hanya sekadar teman, akan tetapi sudah seperti saudara. Jadi mereka bisa nangis bareng, ketawa bareng, dan saya pikir itu patut dipertahankan," tegas Bima Sakti.

3 dari 5 halaman

Masih Dipertimbangkan

Bima Sakti belum memberikan bocoran posisi pemain yang akan ditingkatkan di skuad Timnas Indonesia U-16. Bima Sakti akan melihatnya berdasarkan kebutuhan.

"Saya kemarin sempat melihat EPA U-16, U-18 dan nanti akan kami lihat lagi," tegas Bima Sakti.

Timnas U-16 tergabung di Grup B Kualifikasi Piala AFC U-17 2023. Pasukan Bima Sakti akan bersaing dengan Malaysia, Palestina, Guam, dan Uni Emirat Arab di Grup B Kualifikasi Piala AFC U-17 2023.

4 dari 5 halaman

Target Tinggi

PSSI memasang target tinggi untuk Timnas Indonesia U-16 di Piala AFC U-17 2023. Ketua Umum Mochamad Iriawan berharap, pasukan Bima Sakti bisa lolos dan finis lima besar.

"Nanti ada Piala Asia. Kami harapkan, minimal saya ingin masuk lima besar," kata Mochamad Iriawan.

"Tentunya kalau nomor satu kan lawan-lawannya luar biasa. Kalau nomor lima besar kami targetkan. Oleh karena itu, akan kembali kami adakan training center di dalam maupun luar negeri," tegas Iriawan.

5 dari 5 halaman

Tak Terlena

Pelatih Bima Sakti berharap, gelar Piala AFF U-16 2022 tidak membuat Timnas Indonesia U-16 terlena. Bima Sakti ingin anak asuhnya lebih meningkatkan lagi performa bermain.

"Harapannya semoga kami bisa lebih baik lagi dan juara itu bukan buat kami terlena. Kami juga masih banyak kekurangan," ujar Bima Sakti.

"Jadi harus dibenahi bareng-bareng lagi. Kemudian banyak yang harus diperbaiki lagi," ujar pelatih berusia 46 tahun itu.

Video Populer

Foto Populer