Sukses


BRI Liga 1: RANS Nusantara FC Kalah dari Arema FC, Ini Kata RD

Bola.com, Malang - Hasrat RANS Nusantara FC meraih poin di markas Arema FC, Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Rabu (24/8/2022), tidak bisa terwujud karena kalah 2-4 dari Singo Edan dalam laga pekan keenam BRI Liga 1 2022/2023.

Arema FC mencetak empat gol lewat pemain yang berbeda. Ilham Udin Armaiyn, Jayus Hariono, Sergio Silva, dan Abel Camara. Sementara RANS Nusantara FC membalasnya lewat gol OK Jhon dan Wander Luiz.

Kekalahan ini membuat RANS tidak beranjak dari papan bawah. Mereka baru memiliki dua poin dan menduduki posisi ke-17. Sebenarnya, performa RANS Nusantara FC cukup apik dalam laga ini. Hanya saja mereka kebobolan tiga gol terlalu cepat pada babak pertama, yakni dalam 30 menit.

"Kami bermain tidak terlalu bagus pada awal babak pertama. Membuat lawan terlalu mudah mencetak gol. Praktis kami memberi ruang membuat Arema FC leluasa bermain. Jarak antarlini kami terlalu jauh. Itu bisa dimaksimalkan oleh Arema," jelas pelatih RANS Nusantara FC, Rahmad Darmawan.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Coba Bikin Perubahan

Namun, setelah kebobolan 3 gol, RANS Nusantara FC membuat perubahan dan mencetak dua gol, juga memasukkan winger gesit, Defri Rizky, yang jadi aktornya.

Gol yang dicetak OK Jhon dibuat dari tendangan bebas yang didapatkan setelah Defri dilanggar pemain Arema FC. Sementara gol kedua yang diciptakan Wander Luiz berasal dari assist yang dibuatnya.

"Kami membuat perubahan setelah tertinggal. Pemain kembali menemukan percaya diri dan sukses membuat dua gol pada babak pertama," ujar pelatih berusia 55 tahun itu.

3 dari 5 halaman

Coba Membalas, Malah Kebobolan Lagi

Pada babak kedua, RANS Nusantara FC mencoba mengejar ketinggalan. Namun, justru gawang mereka kebobolan lagi.

"Babak kedua sudah coba saya ingatkan para pemain untuk disiplin saat bertahan. Namun, babak kedua kami kecolongan lagi lewat skema yang sebenarnya tidak terlalu berbahaya. Namun, justru menjadi sebuah kesulitan," ujar RD.

Gol keempat Arema FC memang agak mengejutkan. Bermula dari umpan Gian Zola, striker Abel Camara mampu menanduknya. Pemain RANS Nusantara FC lalai tidak menutup ruang terhadap Gian Zola saat mengirimkan umpan lambung ke dalam kotak penalti.

 

4 dari 5 halaman

Menjadi Pelajaran

Kekalahan di markas Arema FC merupakan kekalahan keempat bagi RANS Nusantara FC di BRI Liga 1 2022/2023. Celah di lini belakang sepertinya jadi persoalan serius.

Sang pelatih sudah mencoba berbagai alternatif. Seperti memasang Arthur Bonai dan Fadila Akbar jadi stoper. Padahal dua pemain ini berposisi asli sebagai gelandang bertahan.

Namun, RD tidak ingin menyalahkan individu pemainnya. Dia melihat gol yang lahir ke gawangnya akibat kelengahan secara tim.

"Misalnya gol dari sektor kanan. Bukan berarti di posisi itu pemain salah, tapi bagaimana bola bisa sampai ke sana ada keterlambatan menutup ruang," ujarnya.

 
5 dari 5 halaman

Posisi RANS Nusantara FC di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer