Sukses


Australia Mundur dari Kualifikasi Piala Asia U-20 dan Gagal ke Piala Dunia U-20 2023, Adakah Efek untuk Timnas Indonesia?

Bola.com, Canberra - Timnas Australia U-20 mundur dari Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 karena alasan keamanan lantaran harus bermain di Irak.

Australia semestinya tergabung di Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 bersama tuan rumah Irak, Kuwait, dan India.

Akibat sanksi dari FIFA kepada Federasi Sepak Bola India (AIFF), India terpaksa tereleminasi dari Kualifikasi Piala Asia U-20.

[Pemerintah Australia telah mengeluarkan travel advice berupa kewaspadaan untuk memasuki suatu negara karena telah terjadi peristiwa berbahaya dalam jangka waktu pendek.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Pernyataan Asosiasi Sepak Bola Australia

Asosiasi Sepak Bola Australia telah mengabarkan kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk menarik diri dari Kualifikasi Piala Asia U-20.

"Federasi Sepak Bola Australia sudah memberi tahu kepada AFC bahwa mereka akan mundur dari Kualifikasi Piala Asia U-20," tulis pernyataan Federasi Sepak Bola Australia dinukil dari Channel News Asia.

"Keputusan akhir dibuat setelah pertimbangan cermat berdasarkan saran perjalanan saat ini dari pemerintah Australia," demikian statement itu.

3 dari 6 halaman

Imbauan untuk Tidak Pergi ke Irak

Channel News Asia melaporkan bahwa Irak menjadi satu dari 19 negara yang perlu dihindari warga negara Australia sesuai saran dari pemerintahnya.

"Jangan bepergian ke Irak, termasuk ke Kurdistan Irak, karena situasi keamanan yang tidak stabil dan risiko kekerasan yang sangat tinggi, konflik bersenjatan, penculikan, dan serangan teroris," bunyi pembaruan terbaru di situs Pemerintah Australia, masih disadur dari Channel News Asia.

Mundurnya Australia berakibat Grup H tinggal menyisakan dua peserta, Irak dan Kuwait.

AFC membagi 44 tim ke sepuluh grup Kualifikasi Piala Asia U-20 dengan tim terpilih menjadi tuan rumah suatu grup.

4 dari 6 halaman

Jadwal Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Kualifikasi Piala Asia U-20 akan berlangsung pada 10-18 September 2022.

Sepuluh juara grup dan lima runner-up terbaik berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 pada 1-18 Maret 2022 di Uzbekistan.

Empat tim yang melangkah paling jauh di Piala Asia U-20 alias negara semifinalis bakal menjadi wakil AFC di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

5 dari 6 halaman

Adakah Efek untuk Timnas Indonesia U-20

Artinya, keputusan pengunduran diri dari Kualifikasi Piala Asia U-20 membuat Australia juga gagal berpartisipasi di Piala Dunia U-20 2023.

Penarikan diri Australia tidak berdampak besar kepada Timnas Indonesia U-20 karena keduanya tidak berhadapan satu sama lain di babak kualifikasi.

Timnas Indonesia U-20 akan menjadi tuan rumah Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 melawan Vietnam, Hong Kong, dan Timor Leste.

Sumber: Channel News Asia

6 dari 6 halaman

Drawing Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

  • Grup A: Arab Saudi (H), Cina, Myanmar, Maladewa, Uzbekistan
  • Grup B: Qatar, Bahrain (H), Bangladesh , Nepal, Bhutan
  • Grup C: Jepang, Yaman, Palestina, Laos (H), Guam
  • Grup D: Yordania (H), Chinese Taipei, Suriah, Turkmenistan, Kepulauan Mariana Utara
  • Grup E: Korea Selatan, Malaysia, Mongolia (H), Sri Lanka
  • Grup F: Timnas Indonesia U-20 (H), Vietnam, Hong Kong, Timor Leste
  • Grup G: Thailand, Oman (H), Filipina, Afghanistan
  • Grup H: Irak (H), Kuwait
  • Grup I: Tajikistan (H), Kamboja, Lebanon, Singapura
  • Grup J: Uni Emirat Arab, Iran, Kirgistan (H), Brunei Darussalam

Video Populer

Foto Populer