Sukses


3 Pemain Baru yang Layak Diberi Kesempatan Shin Tae-yong di Piala AFF 2022: Opsi Lain di Posisi Penyerang

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia tak lama lagi akan kembali beraksi. Tim Garuda akan berlaga di Piala AFF 2022 yang akan berlangsung pada Desember tahun ini.

Ajang itu akan kembali dilaksanakan dengan format kandang dan tandang, seperti pada Piala AFF 2018.

Setiap kontestan berhak bermain dua kali di kandang dan dua kali tandang ke markas lawan pada babak fase grup. Laga semifinal dan final juga akan berlangsung dalam dua leg dengan format kandang dan tandang.

Timnas Indonesia tergabung di Grup A Piala AFF 2022. Pada grup tersebut terdapat Thailand, Filipina, Kamboja dan pemenang laga kualifikasi antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Beberapa nama pemain bintang seperti Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Nadeo Argawinata, Pratama Arhan, Marc Klok berpeluang kembali diandalkan Shin Tae-yong di ajang itu. Dengan catatan mereka tampil impresif di klub masing-masing.

Namun, jika tampil biasa saja. Posisi mereka bisa digantikan pemain lain. Bola.com, memilih tiga nama baru yang bisa diberi kesempatan Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 nanti.

 

2 dari 5 halaman

Ramadhan Sananta (PSM)

PSM Makassar tampil impresif pada awal musim BRI Liga 1 2022/2023. Mereka sejauh ini tampil konsisten di papan atas klasemen sementara.

Ramadhan Sananta ada di skuad PSM yang tampil impresif itu. Sekilas, namanya memang masih cukup asing. Hal itu dirasa wajar sebab musim ini adalah tahun kedua bagi Sananta bermain di BRI Liga 1.

Meski demikian, pemuda asal Kepulauan Riau berusia 19 tahun itu punya potensi yang bagus sebagai penyerang tengah. Sejauh ini Sananta sudah mencetak dua gol di BRI Liga 1 2022/2023.

Menariknya dua gol itu disarangkan Sananta di gawang klub yang sama, yakni Persib Bandung. Hal itu terjadi saat PSM menang telak 5-1 atas Persib Bandung beberapa waktu lalu.

Dengan stok penyerang lokal berkualitas yang minim, Sananta layak diberi kesempatan. Jika belum berhasil di Timnas Indonesia senior, ia juga masih bisa dicoba di timnas level yang lebih muda.

 

3 dari 5 halaman

Leo Guntara (Borneo FC)

Di Indonesia, agak sulit untuk mencari bek kiri yang benar-benar memiliki kekuatan pada kaki kirinya alias kidal. Banyak bek kiri di Indonesia sebenarnya hanya memiliki kekuatan di kaki kanan, mereka dipaksakan untuk bisa bermain di posisi itu.

Leo Guntara adalah satu dari sedikit bek kiri bagus yang saat ini beredar di BRI Liga 1 2022/2023. Dengan usia 28 tahun, Leo juga semakin matang. Ia terus menjadi andalan di Borneo FC.

Penampilan Leo Guntara sudah terlihat bagus sejak BRI liga 1 2022/2023. Saat itu, ia digaet Borneo dari PSM Makassar.

Pemain ini dibekali umpan silang yang sangat bagus. Ia bisa menjadi opsi lain untuk menjadi pelapis Pratama Arhan di Piala AFF 2022 nanti.

4 dari 5 halaman

Wildan Ramdhani (Persita)

Setiap musim, BRI Liga 1 selalu menghasilkan banyak winger muda lokal berkualitas. Kali ini, giliran Wildan Ramdhani yang muncul ke permukaan.

Wildan adalah salah satu alasan mengapa Persita tampil impresif pada awal musim ini. Diketahui tim yang dijuluki Pendekar Cisadane itu nyaman di posisi kelima klasemen sementara dengan 15 poin.

Wildan punya catatan impresif sejauh ini. Pemain yang masih berusia 23 tahun itu mampu mencetak gol untuk Persita.

Pemain kelahiran Bandung, Jawa Barat, 24 Desember 1998 itu pun cukup fleksibel. Ia bisa bermain sebagai winger dan penyerang tengah.

5 dari 5 halaman

Hasil Drawing Piala AFF 2022:

Video Populer

Foto Populer