Sukses


PSSI Pastikan Pemain dari Luar Negeri Memenuhi Panggilan Timnas Indonesia di FIFA Matchday, Egy dan Witan Sudah Dapat Izin

Bola.com, Jakarta - Wasekjen PSSI, Maaike Ira Puspita, mengonfirmasi Timnas Indonesia akan diperkuat pemain abroad atau yang berkarier di luar negeri pada FIFA Matchday nanti. Maaike yakin klub luar negeri akan memberikan izin.

Pelatih Shin Tae-yong memang belum mengumumkan secara resmi daftar pemain yang disiapkan untuk membela Timnas Indonesia pada FIFA Matchday nanti. Namun, PSSI sudah bergerak mengirimkan surat ke klub luar negeri terkait pemanggilan ke Timnas.

"Kalau untuk FIFA Matchday, iya mereka dikasih izin," kata Maaike Ira Puspita.

Sejauh ini, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman yang sudah mendapatkan izin dari masing-masing klub untuk membela Timnas Indonesia

Besar kemungkinan, PSSI juga sudah berkirim surat ke klub Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, dan Elkan Baggott.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tak Main di JIS

PSSI juga memastikan batal menggunakan Jakarta International Stadium (JIS) untuk menggelar laga Timnas Indonesia melawan Curacao di FIFA Matchday mendatang.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menyebut infrastruktur JIS belum layak untuk menggelar laga itu. JIS awalnya disiapkan untuk laga kedua antara Timnas Indonesia kontra Curacao pada 27 September 2022.

Namun, berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI, Stadion JIS belum memenuhi 100 persen kelayakan infrastruktur. Alhasil, penggunaan JIS untuk laga kedua terpaksa urung dilakukan.

"Untuk menggelar sebuah pertandingan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday yang mengundang animo penonton sangat banyak maka diperlukan simulasi terkait jumlah penonton mulai 25-100 persen dari perhitungan maximum safety capacity," kata Yunus Nusi.

3 dari 5 halaman

Akses Sulit

PSSI enggan memaksakan penggunaan JIS yang bisa berakibat fatal berupa teguran dari FIFA. Perhatian lain yang jadi pertimbangan adalah area berhenti bus Timnas Indonesia dan lawan yang tidak berada di tempat semestinya di JIS.

"Terkait plafon yang rendah, bus tidak bisa masuk. Bisa jadi bus tim tuan rumah dan tamu berhentinya di area umum," ucap Yunus Nusi.

"Tidak di area sebagaimana mestinya yang sudah diatur. Kalau kami paksakan pasti akan menjadi catatan FIFA," tegas Yunus Nusi.

4 dari 5 halaman

Terlanjur Sebut JIS

Berbeda dengan PSSI, Federasi Sepak Bola Curacao (FFK), sudah mengonfirmasi venue untuk laga kedua FIFA Matchday. FFK dalam pernyataan resminya menyebut laga kedua melawan Timnas Indonesia akan dimainkan di Jakarta International Stadium. ‎

"Pemanggilan ini untuk menghadapi Timnas Indonesia pada 24 dan 27 September 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, sedangkan pertandingan kedua akan dimainkan pada 27 September 2022 di Jakarta International Stadium, Jakarta," tulis FFK.

Timnas Curacao memanggil 40 pemain untuk menghadapi Timnas Indonesia pada FIFA Matchday. Curacao dan Timnas Indonesia akan memaksimalkan dua laga tersebut untuk memperbaiki peringkat di ranking FIFA.

 
5 dari 5 halaman

Tahap Diskusi

Sementara itu, Wasekjen PSSI, Maaike Ira Puspita, menyebut venue pertandingan kedua FIFA Matchday masih dalam tahap pembahasan. Pilihannya saat ini adalah Stadion Pakansari, Cibinong atau Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

"Untuk komunikasi internal ke media kan kami juga butuh waktu. Jadi sekarang sedang dikomunikasikan dengan pihak Curacao-nya. Yang laga kedua, nah itu sedang dikomunikasikan dengan internal. Pokoknya tunggu tanggal mainnya deh," kata Maaike Ira Puspita.

Sementara itu, venue untuk laga FIFA Matchday pertama melawan Curacao tidak berubah. Timnas Indonesia tetap akan bermain di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung (24/9/2022).

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer