Sukses


4 Alasan Timnas Indonesia U-20 Dapat Melenggang Mulus ke Putaran Final Piala Asia U-20 2023

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 akan menjadi tuan rumah Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya pada 14-18 September 2022.

Tim berjulukan Garuda Nusantara itu bakal menghadapi Vietnam, Hong Kong, dan Timor Leste.

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong telah mengerucutkan skuadnya dari 36 pemain menjadi 30 pemain untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20.

Arsitek asal Korea Selatan itu akan kembali memangkas komposisi pemain Timnas Indonesia U-20 menjadi 23 pemain untuk didaftarkan ke Kualifikasi Piala Asia U-20.

Kualifikasi Piala Asia U-20 diikuti oleh 44 tim yang dibagi ke sepuluh grup dengan masing-masing grup dihuni empat sampai lima negara.

Hanya sepuluh juara grup dan lima runner-up terbaik yang berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan pada 1-18 Maret tahun depan.

Timnas Indonesia U-20 berpeluang besar untuk melenggang mulus ke Piala Asia U-20 2023. Apa saja alasannya?

2 dari 5 halaman

Tuan Rumah

Timnas Indonesia U-20 akan menjadi tuan rumah Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20. Tim berjulukan Garuda Nusantara itu bakal mendapatkan dukungan melimpah dari suporter.

Karena berkandang di Surabaya, Timnas Indonesia U-20 kemungkinan akan mendapatkan motivasi dari pendukung Persebaya Surabaya, Bonek yang dikenal militan dan loyal.

Status sebagai penyelenggara kerap menguntungkan suatu negara. Armada Shin Tae-yong ini perlu memanfaatkan situasi tersebut sebaik mungkin.

3 dari 5 halaman

Lawan Enteng

Timnas Indonesia U-20 berada di grup yang cukup enteng di Kualifikasi Piala Asia U-20. Garuda Nusantara tergabung di Grup F bersama Vietnam, Hong Kong, dan Timor Leste.

Di atas kertas, Timnas Indonesia U-20 unggul kualitas dari Hong Kong dan Timor Leste.

Praktis, tinggal Vietnam yang menjadi penghambat Garuda Nusantara. Kedua tim terakhir berhadapan di Piala AFF U-19 2022 dengan hasil 0-0.

4 dari 5 halaman

Persiapan Piala Dunia U-20 2023

Kualifikasi Piala Asia U-20 juga dijadikan Timnas Indonesia U-20 sebagai persiapan untuk Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Shin Tae-yong terus mematangkan Garuda Nusantara untuk turnamen yang mempertaruhkan namanya itu, selain berencana untuk menaturalisasi tujuh pemuda asal Belanda.

Jika lolos ke putaran final Piala Asia U-20, maka Timnas Indonesia U-20 punya pengalaman dan persiapan yang panjang untuk Piala Dunia U-20 2023.

5 dari 5 halaman

Pembuktian Para Pemain

Kualifikasi Piala Asia U-20 dapat menjadi panggung pembuktian para pemain Timnas Indonesia U-20 yang dianggap tinggi hati oleh Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong sempat memperingatkan Ronaldo Kwateh, Hokky Caraka, dan Kakang Rudianto untuk tidak besar kepala di Timnas Indonesia U-20.

"Kakang dan Hokky, jangan tinggi hati. Ronaldo juga. Jangan tinggi hati. Sejak hari pertama sudah saya tegaskan, kalau di lapangan mesti kerja keras," ujar Shin Tae-yong yang diterjemahkan oleh asistennya, Yo Jae-hoon dalam video yang diunggah YouTube PSSI TV.

Video Populer

Foto Populer