Sukses


3 Kunci Kemenangan Timnas Indonesia U-20 atas Timor Leste di Kualifikasi Piala Asia U-20: Duel Udara Lumayan Juga

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-20 sukses memetik kemenangan pada laga perdana Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Timnas U-20 menang 4-0 atas Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/9/2022) malam WIB.

Tiga gol pertama diborong Hokky Caraka pada menit ke-12, 30’, dan 49’. Adapun satu gol lagi lahir pada penghujung pertandingan berkat sundulan dari Rabbani Tasnim menit ke-89.

<p>Pemain Timnas Indonesia U-20, Muhammad Ferarri berebut bola di udara dengan pemain Timnas Timor Leste U-20 dalam laga pertama Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (14/9/2022). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)</p>

Hasil pertandingan ini menjadi awal yang baik bagi Timnas Indonesia U-20. Sebab, mereka masih harus menghadapi dua lawan lagi di Grup F, yakni Hong Kong pada 16 September dan Vietnam, 18 September.

Vietnam menjadi pesaing terkuat untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 yang digelar Uzbekistan. Sebab, mereka baru saja menang dengan skor mencolok 5-1 atas Hong Kong pada hari yang sama.

Pertandingan melawan Timor Leste telah menunjukkan permainan Timnas Indonesia U-20 yang cukup apik. Mereka mampu mengatasi penampilan Timor Leste yang pada awal-awal laga sempat sulit ditundukkan.

Bola.com telah merangkum tiga kunci sukses Timnas Indonesia U-20 menang besar melawan Timor Leste dalam pertandingan ini. Simak ulasannya:

 

2 dari 5 halaman

Permainan Solid

Sejak menit pertama, para pemain Timnas Indonesia U-20 bermain rapi dalam upaya membangun serangan. Mereka tidak terburu-buru dalam menekan dan lebih memilih untuk memainkan bola dan menguasainya.

Hal ini membuat Timnas Indonesia mendominasi dan memegang kendali permainan. Kemampuan individu dalam memainkan kerja sama umpan-umpan pendek cukup apik. Alhasil, serangan Tim Garuda Muda menghasilkan gol.

 

3 dari 5 halaman

Umpan Silang Terukur

Semua gol atau empat yang berhasil dicetak Timnas Indonesia U-20 lahir lewat proses yang mirip, yakni umpan silang. Para pemain memilih memainkan bola di sisi sayap kanan sebelum akhirnya melepas umpan silang.

Menariknya, hanya ada dua nama pengumpan dari empat gol itu. Mereka adalah Kakang Rudianto dan Robi Darwis. Duo wonderkid Persib Bandung itu memiliki kemampuan dan kejelian melihat posisi rekannya yang berpeluang mencetak gol.

Kakang Rudianto membukukan satu umpan tarik dan umpan silang melambung. Sementara itu, Robi memberikan upan silang lambung, serta satu yang akan jadi perbincangan lemparan ke dalam yang melahirkan gol terakhir.

 

4 dari 5 halaman

Kemampuan Heading

Kemampuan duel bola udara pemain Timnas Indonesia U-20 juga mengundang decak kagum. Tampaknya ini memang disiapkan pelatih Shin Tae-yong yang memanfaatkan postur dan kemampuan lompatan anak asuhnya.

Sebab, tiga dari empat gol itu lahir lewat sundulan. Satu-satunya gol yang lahir dari kaki adalah hasil kreasi Hokky Carakan yang merupakan gol pertama. Tiga lainnya tercipta lewat sundulan.

Hal ini tentu menjadi nilai positif bagi Hokky Caraka dan Rabbani Tasnim selaku pencetak gol. Aksi Rabbani juga mengesankan mampu memanfaatkan lemparan ke dalam jauh dari Robi Darwis sebelum memutuskan melakukan sundulan.

5 dari 5 halaman

Hasil dan Jadwal Pertandingan Grup F:

Rabu, 14 September 2022

  • Vietnam 5-1 Hong Kong
  • Timnas Indonesia U-20 4-0 Timor Leste

Jumat, 16 September 2022

  • Timor Leste Vs Vietnam
  • Hong Kong Vs Timnas Indonesia U-20

Minggu, 18 September 2022

  • Hong Kong Vs Timor Leste
  • Timnas Indonesia U-20 Vs Vietnam

Video Populer

Foto Populer