Sukses


Prakiraan Kombinasi Lini Depan Timnas Indonesia Saat Hadapi Hongkong: Bisa Pakai Dua Striker

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 tak punya waktu untuk bersantai di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Garuda Nusantara baru saja menang 4-0 atas Timor Leste, Rabu (14/9/2022) malam lalu.

Namun, pada Jumat (16/9/2022) malam nanti, Timnas Indonesia U-20 sudah harus berlaga lagi. Lawan yang akan mereka hadapi di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya adalah Hongkong.

Hongkong tentu punya ambisi besar untuk meraih poin di laga itu. Apalagi di laga sebelumnya Tsang Yi Hang dan kolega kalah telak 1-5 dari Vietnam.

 

2 dari 5 halaman

Rotasi?

Di sisi lain, Timnas Indonesia U-20 bisa menjadikan laga melawan Hongkong sebagai pemanasan. Sebab di laga terakhir yang berlangsung pada Minggu (18/9/2022) nanti, Garuda Nusantara akan bertanding melawan Vietnam.

Dengan melihat kekuatan di atas kertas, Hongkong sebenarnya ada sedikit di bawah Timnas Indonesia U-20. Tim asuhan Shin Tae-yong bisa menang, bahkan dengan skor besar di laga ini. Beberapa opsi pemain di lini depan pun bisa dipilih oleh Shin.

 

3 dari 5 halaman

Pakai Dua Striker

Formasi dua striker entah itu 3-5-2 atau 4-4-2 bisa kembali dipilih Shin Tae-yong. Formasi itu dipakai saat Timnas Indonesia U-20 mengalahkan Timor Leste.

Hokky Caraka yang mencetak hat-trick di laga melawan Timor Leste bisa menjadi pilihan utama. Siapa sosok yang akan mendampingi Hokky ini akan menarik.

Di skuad Garuda Nusantara ada Rabbani Tasnim yang karakternya agak mirip dengan Hokky. Kebetulan Rabbani juga sudah mencetak satu gol di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Jika Shin Tae-yong menginginkan karakter pemain yang berbeda dari Hokky, Ronaldo Kwateh, Ginanjar Wahyu, dan Arsa Ahmad bisa menjadi opsi menarik. Tiga pemain itu bisa lebih bergerak melebar atau berada sedikit di belakang Hokky.

 

4 dari 5 halaman

Super Ofensif

Jika Shin Tae-yong mengincar banyak gol di laga formasi 4-2-3-1 yang super ofensif bisa ia pilih. Dengan formasi itu, Hokky Caraka bisa tetap dimainkan di posisi penyerang tengah.

Sementara di winger kiri, Ronaldo Kwateh bisa menjadi pilihan utama yang menarik. Meski harus diakui Ronaldo masih belum terlalu nyaman di posisi itu.

Pemain lain seperti Rahmat Beri atau Ginanjar Wahyu pun bisa bermain di posisi winger di sebelah kiri. Kedua pemain itu bisa melakukan cutting inside dan menembak langsung ke gawang.

Di posisi winger kanan, pilihan utama bisa jatuh kepada pemain Persija Jakarta, Alfriyanto Nico. Arsa Ahmad dan Doni Tri juga bisa dicoba di posisi itu.

5 dari 5 halaman

Timnas Indonesia Posisi 2 Runner-up Terbaik

Hasil 4-0 menempatkan Timnas Indonesia di posisi dua klasemen sementara Grup F. Garuda Muda juga duduk di posisi kedua runner-up terbaik dari seluruh grup.

Seperti diketahui, akan diambil lima runner-up terbaik dari 10 grup Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 untuk lolos ke putaran final tahun depan.

  1. Arab Saudi
  2. Timnas Indonesia
  3. Oman
  4. Syria
  5. Iran
  6. Palestina
  7. Malaysia
  8. Bahrain
  9. Tajikistan
  10. Runner-up Grup H

Video Populer

Foto Populer