Sukses


Pelatih Hong Kong Jagokan Timnas Indonesia U-20 Kalahkan Vietnam dan Lolos ke Piala Asia U-20 2023

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-20 mendapatkan dukungan dari pelatih Hong Kong, Cheung Kin Fung, untuk mengalahkan Vietnam dan melaju ke Piala Asia U-20 2023. Menurut Cheung Kin Fung, pasukan Shin Tae-yong punya modal besar untuk melakukannya.

Timnas Indonesia U-20 akan menghadapi Hong Kong pada laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022) malam WIB. Pemenang dalam laga tersebut akan otomatis lolos langsung sebagai perwakilan dari Grup F.

Cheung Kin Fung menilai Vietnam dan Timnas Indonesia U-20 sama-sama punya kualitas yang bagus. Namun, Cheung Kin Fung lebih mengunggulkan pasukan Shin Tae-yong karena berstatus sebagai tuan rumah.

"Sulit untuk mengatakan siapa yang akan jadi juara grup karena kedua tim sama-sama tangguh. Namun, Indonesia punya keunggulan sebagai tuan rumah," kata Cheung Kin Fung.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Petik Pelajaran

Pelatih Cheung Kin Fung juga menyayangkan kekalahan 1-5 timnya dari Timnas Indonesia U-20 pada matchday kedua Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Jumat (16/9/2022) malam. Menurut Cheung Kin Fung, timnya kewalahan meladeni permainan Timnas U-20.

"Timnas Indonesia U-20 merupakan lawan yang tangguh. Pemain mereka punya kemampuan individual yang bagus dan cepat," ucap Cheung Kin Fung.

"Pertandingan ini sangat berbeda bila dibandingkan dengan saat melawan Vietnam. Tim ini mendapatkan banyak pelajaran dari laga tadi, dan menjadi pengalaman berharga untuk perkembangan masa depan," tegas Cheung Kin Fung.

3 dari 5 halaman

Sempat Membaik

Pelatih Cheung Kin Fung menyebut, dirinya sempat memberikan masukan pada jeda babak pertama. Sejumlah poin yang diberikan pada saat istirahat membuat permainan Hong Kong membaik.

Kepercayaan diri pemain Hong Kong juga meningkat setelah mencetak satu gol dari tendangan penalti. Sayangnya, mereka harus kebobolan dua gol tambahan.

"Setelah memberikan sejumlah poin saat turun minum akibat kebobolan tiga gol pada babak pertama, semangat mereka meningkat. Saya juga terkesan dengan semangat para pemain yang berjuang hingga akhir," ucap Cheung Kin Fung.

4 dari 5 halaman

Takjub dengan Atmosfer

Pelatih Cheung Kin Fung juga takjub dengan suasana pertandingan yang semarak dengan keberadaan suporter Timnas Indonesia U-20. Menurutnya, itu membuat atmosfer bermain tandang semakin nyata.

"Atmosfer pada pertandingan ini benar-benar seperti laga tandang buat para pemain Hong Kong. Itu menjadi pelajaran dan pengalaman berharga buat mereka," ucap Cheung Kin Fung.

"Saya juga ingin berterima kasih kepada suporter Indonesia yang memberikan atmosfer luar biasa pada pertandingan tadi," tegas Cheung Kin Fung.

5 dari 5 halaman

Gagal Lolos

Kekalahan ini menutup peluang Hong Kong ke putaran final Piala Asia U-20 2023. Pasukan Cheung Kin Fung tersebut dipastikan tersingkir.

Hong Kong menelan dua kekalahan dan belum memiliki poin. Mereka juga kebobolan 10 gol dan hanya mencetak dua gol.

Pada laga terakhir, Hong Kong akan menghadapi Timor Leste (18/9/2022). Laga ini bisa dimaksimalkan sebagai obat pelipur lara.

Video Populer

Foto Populer