Sukses


10 Detik Mencekam Kiper Timnas Indonesia U-20 Cahya Supriyadi, Denyut Jantung Sempat Hilang

Bola.com, Surabaya - Fakta mengerikan terungkap dari insiden yang dialami kiper Timnas Indonesia U-20, Cahya Supriadi. Menurut sumber yang diperoleh Bola.com, denyut jantung Cahya Supriadi sempat hilang selama 10 detik.

Kejadian itu berlangsung saat Cahya Supriadi dibawa menggunakan ambulans ke Rumah Sakit Mitra Keluarga di Surabaya. Dalam perjalanannya, tim medis PSSI yang mendampingi Cahya sempat dibuat panik, karena denyut jantung sang kiper melemah hingga sempat hilang.

"Pendamping dari PSSI sempat melihat denyut jantung tidak ada selama 10 detik," kata sumber yang enggan disebutkan namanya tersebut.

Beruntung denyut jantung Cahya Supriadi kembali muncul saat dipantau melalui elektrokardiogram (EKG). Kiper Persija Jakarta itu kemudian mendapatkan penanganan lanjutan ketika tiba di rumah sakit.

2 dari 5 halaman

Langsung Video Call

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, sebelumnya mengonfirmasi Cahya Supriadi sudah dalam keadaan sadar setelah tiba di Rumah Sakit. Kepastian itu didapat setelah Shin Tae-yong melakukan panggilan video dengan sang kiper, pasca-menang 5-1 atas Hong Kong (16/9/2022).

"Untuk Cahya Supriadi, sebelum datang ke ruangan ini saya sudah melakukan video call dengan dia. Tidak ada masalah," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers selepas pertandingan.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut tak memberikan keterangan mengenai peluang Cahya Supriadi untuk tampil pada laga pamungkas melawan Vietnam (18/9/2022). Situasi ini tentu saja menjadi kerugian, karena laga melawan Vietnam bakal krusial buat Timnas Indonesia U-20.

3 dari 5 halaman

Sudah Stabil

Head of Medical PSSI, Dokter Syarif Alwi, mengonfirmasi kondisi Cahya Supriadi sudah stabil. Pria yang akrab disapa Papi itu juga menjelaskan tidak ada tanda-tanda membahayakan setelah dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

"Setelah melalui observasi, kemudian pemeriksaan ct scan dan foto rontgen di kepala, serta dikonsultasikan dengan dokter bedah syaraf, hasil CT scan dan rontgen menunjukkan Cahya dalam keadaan baik," kata Syarif Alwi.

"Saat ini kondisi Cahya dalam keadaan sadar dan stabil. Doakan agar Cahya cepat sembuh," tegasnya.

4 dari 5 halaman

Absen Latihan

Cahya Supriadi melewatkan latihan Timnas Indonesia U-20 jelang laga melawan Vietnam (18/9/2022). Tak ada tanda-tanda keberadaan sang kiper pada sesi latihan yang digelar di Lapangan Tot Heil Onzer Ribbenkast (THOR).

Sang kiper saat ini diketahui masih berada di Rumah Sakit Mitra Keluarga untuk menjalani perawatan. Cahya Supriadi harus menjalani rawat inap karena membutuhkan observasi lanjutan dari sang dokter.

Situasi ini membuat sang kiper hampir pasti bakal absen pada laga melawan Vietnam. Pelatih Shin Tae-yong kini memiliki opsi untuk memainkan kiper pengganti yakni Aditya Arya atau Erlangga Setyo.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia U-20

Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Timnas Indonesia U-20 vs Vietnam

  • Stadion: Gelora Bung Tomo, Surabaya
  • Minggu, 18 September 2022
  • Kick-off: 20.00 WIB
  • Live: Indosiar
  • Streaming: Vidio

Video Populer

Foto Populer