Sukses


Ketua PSSI, Menpora, dan Perwakilan FIFA Jalan Kaki dari Bundaran HI ke Monas untuk Launching Maskot Piala Dunia U-20 2023

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, dan perwakilan FIFA berjalan kaki dari Bundaran HI ke Monas dalam launching maskot Piala Dunia U-20 2023.

Maskot Piala Dunia U-20 di Indonesia pada tahun depan dinamakan Bacuya yang terinspirasi dari badak bercula satu.

Peluncuran maskot Piala Dunia U-20 digelar berbarengan dengan Car Free Day (CFD) Jl. MH Thamrin hingga Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat pada Minggu (18/9/2022) pagi WIB.

PSSI dan Menpora lebih dulu memamerkan maskot Piala Dunia U-20 di Bundaran HI sebelum pawai ke Patung Arjuna Wijaya atau Patung Kuda di Monas.

2 dari 6 halaman

Sempat Naik Mobil Golf

Iriawan dan Zainudin Amali sempat menaiki mobil golf dengan dekorasi nuansa dan logo Piala Dunia U-20, namun memilih turun untuk berjalan kaki.

Iring-iringan PSSI, Menpora, dan FIFA juga diikuti oleh drumben dan puluhan anak kecil yang berbaris memegang bola.

"Kami berada di Patung Koda Monas. Tadi berjalan 1,5 kilometer dari Bundaran HI untuk mengarak maskot Piala Dunia U-20," imbuh Iriawan.

3 dari 6 halaman

Badak Bercula Satu

Iriawan mengungkapkan bahwa badak bercula satu hanya terdapat di Indonesia sehingga layak menjadi representasi untuk menjadi maskot Piala Dunia U-20.

"Bacula ini binatang khas Indonesia. Karena kami PSSI jadinya Kita Jaya. Logonya juga sudah Indonesia banget," terang Iriawan.

"Kami berterima kasih kepada FIFA karena mereka mengakomodasi kemauan kami untuk menunjukkan apa yang ada di Indonesia," papar pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

4 dari 6 halaman

Tuan Rumah yang Baik

Di hadapan Jaime Yarza selaku Direktur Turnamen FIFA, Zainudin Amali berjanji untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang baik dan optimal.

"Pentingnya buat kami sebagai tuan rumah untuk memberikan kepercayaan dunia, khususnya FIFA bahwa Indonesia mampu menggelar kegiatan seperti ini," tutur Iriawan.

"Kami akan melakukan sebaik-baiknya. Sebagai tuan rumah kami akan mempersiapkan segala sesuatunya untuk turnamen ini," jelas Iriawan.

5 dari 6 halaman

Jadwal Piala Dunia U-20 2023

Indonesia bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 20 Mei-11 Juni 2023.

PSSI telah mempersiapkan enam stadion sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20.

Keenamnya adalah Stadion Jakabaring Palembang, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

6 dari 6 halaman

Maskot Piala Dunia U-20 2023

Video Populer

Foto Populer