Sukses


Nasib Negara ASEAN di Piala Asia U-20 2023: Indonesia Mulus, Malaysia Gugur, Vietnam Jalur Runner-up, Thailand Menggantung

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023 sebagai juara grup. Indonesia menjadi wakil ASEAN paling sukses.

Indonesia memastikan tiket putaran final setelah menumbangkan Vietnam dengan skor 3-2 di Stadion di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022) malam WIB.

Gol Indonesia tercipta pada menit ke-60 via Marselino Ferdinan. Vietnam membalas enam menit kemudian. Mereka melakukan serangan balik cepat lewat Khuat Van Khang yang memberi umpan tarik ke Nguyen Thanh Nhan. Kaki mengenai Ferarri yang dianggap melakukan gol bunuh diri.

Vietnam berbalik unggul lewat aksi Dinh Xuan Tien. Keunggulan Vietnam itu tak bertahan lama. Timnas Indonesia U-20 membalasnya dan membuat skor menjadi 2-2 di menit ke-82 lewat aksi Ferarri. Timnas Indonesia U-20 berbalik unggul dan membuat skor menjadi 3-2 lewat aksi Alfriyanto Nico.

 

2 dari 5 halaman

Vietnam Lolos, Thailand Masih Menggantung

Perjalanan Timnas Indonesia U-20 mulus dibanding negara ASEAN lainnya. Skuad Garuda Nusantara satu-satunya wakil ASEAN yang lolos dengan jalur juara grup.

Vietnam dan Thailand, harus berjuang melalui jalur 5 runner-up terbaik. Vietnam sejauh ini berada di posisi teratas dalam daftar itu. 

Vietnam di posisi pertama, disusul Kirgistan, China, dan Suriah. Keempat negara itu sudah memastikan tiket ke Piala Asia. Di posisi kelima, untuk sementara ada Thailand.

Namun, Thailand belum pasti lolos karena masih ada satu grup yang belum memainkan pertandingan, yakni grup H yang dihuni Australia, Iraq, India, dan Kuwait. Kans Thailand tergolong tipis mengingat persaingan di Grup H juga ketat.

3 dari 5 halaman

Malaysia Gagal

Sementara itu, Malaysia gagal melangkah ke putaran final. 

Berada di Grup E bersama Korea Selatan, Mongolia, dan Sri Lanka, Malaysia berakhir di posisi ketiga. Tim Harimau Malaya muda hanya meraih satu kemenangan atas Sri Lanka 3-0. Juara Piala AFF U-19 2022 ini kalah 2-6 dari Korea dan imbang 1-1 melawan Mongolia.

Wakil yang lain, yakni Timor Leste, Myanmar, Kamboja, Laos, Singapura, dan Brunei Darussalam, gugur berjamaah.

4 dari 5 halaman

Hasil Lengkap Grup F

14 September 2022

16 September 2022

  • Timor Leste 0-4 Vietnam
  • Hong Kong 1-5 Timnas Indonesia U-20

18 September 2022

  • Hong Kong 1-2 Timor Leste
  • Timnas Indonesia U-20 3-2 Vietnam
5 dari 5 halaman

Daftar Tim yang Lolos

Juara Grup

  1. Uzbekistan (Tuan rumah)
  2. Jepang
  3. Korea Selatan
  4. Timnas Indonesia U-20
  5. Iran
  6. Arab Saudi
  7. Yordania
  8. Qatar
  9. Oman
  10. Tajikistan

Kualifikasi Piala Asia U-20 masih menyisakan pertandingan Grup H, yang akan digelar pada pertengahan Oktober.

5 tim lain diambil dari runner-up terbaik, tim yang sudah lolos:

Vietnam

Kirgistan

China

Suriah

Thailand di posisi kelima runner-up terbaik. Namun, karena Grup H belum bertanding, posisi mereka bisa tergusur.

Video Populer

Foto Populer