Sukses


Timnas Indonesia U-20 Melaju Dramatis ke Piala Asia U-20 2023, Ketua PSSI Berterima Kasih kepada Presiden Jokowi

Bola.com, Jakarta - Secara dramatis Timnas Indonesia U-20 berhasil melaju ke Piala Asia U-20 2023. Penyebabnya setelah tim berjulukan Garuda Nusantara itu mengalahkan Vietnam.

Timnas Indonesia U-20 saling berbalas gol dengan Vietnam untuk menang dramatis 3-2 dalam partai terakhir Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Timnas Indonesia U-20 unggul lebih dulu melalui Marselino Ferdinan pada menit ke-60. Namun, Vietnam mampu mengembalikan keadaan dalam rentang 13 menit.

Adalah gol bunuh diri Muhammad Ferarri pada menit ke-66 dan Din Xuan Tien menit ke-79 yang membuat Vietnam mengejar Timnas Indonesia U-20.

2 dari 5 halaman

Juara Grup

Jargon semangat menolak menyerah ala Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri diterapkan Timnas Indonesia U-20 untuk comeback atas Vietnam.

Garuda Nusantara berhasil menyamakan kedudukan lewat gol sekaligus penebusan dosa Muhammad Ferarri pada menit ke-82 dan mengunci kemenangan berkat gol Rabbani Tasnim tiga menit berselang.

Timnas Indonesia U-20 menutup Kualifikasi Piala Asia U-20 sebagai juara Grup F dengan sembilan poin, disusul Vietnam dengan enam angka.

3 dari 5 halaman

Sapu Bersih

Marselino Ferdinan dkk. sempurna di babak penyisihan. Timnas Indonesia U-20 menyapu bersih tiga pertandingan dengan kemenangan.

Sebelum membekuk Vietnam, Garuda Nusantara membantai Timor Leste 4-0 dan Hong Kong 5-1.

Sebanyak 15 tim yang berasal dari sepuluh juara Grup A-J dan lima runner-up terbaik berhak lolos ke putaran final pada tahun depan di Uzbekistan.

4 dari 5 halaman

Puji Daya Juang

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan memuji daya juang skuad Timnas Indonesia U-20 dan elemen lainnya yang membantu merebut tempat di Piala Asia U-20 2023.

"Luar biasa perjuangan para pemain. Semua bermain bagus. Terima kasih untuk pelatih Shin Tae-yong, manajer Sumardji, ofisial, suporter, Komite Eksekutif PSSI yang selalu kompak dalam menjalankan roda organisasi," tuturnya.

5 dari 5 halaman

Singgung Jokowi dan Zainudin Amali

Iriawan juga berterima kasih kepada pemerintah, termasuk Presiden Jokowi dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali yang telah mendukung sepak bola nasional.

"Terima kasih kepada Presiden Jokowi yang luar biasa perhatian kepada sepak bola nasional. Demikian pula kepada Menpora Zainudin Amali yang memberikan dorongan, semangat, dan dukungan finansial untuk timnas semua level usia," jelasnya.

Video Populer

Foto Populer