Sukses


Sibuknya Robi Darwis saat Timnas Indonesia U-20 Lawan Vietnam, Dapat 3 Tugas dari Shin Tae-yong

Bola.com, Surabaya - Bek Timnas Indonesia U-20, Robi Darwis, mengaku banyak mendapatkan tugas khusus dari pelatih Shin Tae-yong dalam laga melawan Vietnam, Minggu (18/9/2022). Untungnya, semua tugas mampu dilakukannya dengan baik.

Robi Darwis dipercaya Shin Tae-yong bermain sebagai starter Timnas Indonesia U-20. Pemain Persib Bandung itu dipercaya mengisi posisi bek kanan.

Tak sekadar menjaga pertahanan, Robi Darwis juga diinstruksikan untuk membantu serangan dari sektor sayap. Selain itu, Robi diminta menjadi andalan saat melakukan throw-in alias lemparan bola ke dalam lapangan.

Banyaknya tanggung jawab yang diemban Robi Darwis mengharuskan dirinya bergerak dari belakang ke depan dan sebaliknya. Kerja keras tersebut tak sia-sia karena Timnas Indonesia U-20 akhirnya menang 3-2 atas Vietnam.

2 dari 5 halaman

Menguras Tenaga

Memiliki beberapa tanggung jawab tentu menguras tenaga Robi Darwis. Namun, itu harus dilakukan demi bisa memberikan kemenangan untuk Timnas Indonesia U-20.

"Tentunya pasti capek karena harus fokus bertahan dan membantu menyerang. Apalagi saat melakukan throw-in karena tidak mudah karena harus segera fokus ke pertahanan,"kata Robi Darwis.

"Saya juga harus siap bertahan atau menyerang dengan cepat. Itu sudah terbiasa dan tidak terlalu melelahkan, namun ini karena membela negara harus lebih dari 100 persen berjuang untuk Indonesia," tegas Robi Darwis.

3 dari 5 halaman

Puas dengan Kemenangan

Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2 pada laga terakhir Grup F yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022).

Gol kemenangan tim yang dijuluki Garuda Nusantara itu dicetak oleh Marselino Ferdinan (60'), Muhammad Ferarri (82'), dan Rabbani Tasnim (85'), sedangkan gol Vietnam dibukukan oleh aksi bunuh diri Ferarri (66') dan Dinh Xuan Tien (79').

"Untuk hasil pertandingan hari ini saya ingin mengucap syukur, Alhamdulillah. Saya berterima kasih kepada pelatih karena sudah memberikan kesempatan," kata Robi Darwis.

4 dari 5 halaman

Sudah Lebih Baik

Robi Darwis juga puas dengan penampilannya saat membela Timnas Indonesia U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Menurut Robi Darwis, penampilannya lebih baik karena termotivasi untuk membantu lolos ke Piala Asia U-20 2023.

"Saya juga bermain lebih baik dan bisa membantu tim untuk menang. Alhamdulillah, untuk malam ini kita bisa meraih kemenangan 3-2 atas Vietnam," tegas Robi Darwis.

Sepanjang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 Robi Darwis mencatatkan tiga pertandingan untuk Timnas Indonesia U-20. Robi Darwis mendapatkan peran baru yakni sebagai bek tengah dan bek kanan, sedangkan posisi aslinya adalah gelandang bertahan.

5 dari 5 halaman

Daftar Tim yang Sudah Lolos ke Piala Asia U-20 2023

  1. Uzbekistan
  2. Arab Saudi
  3. Qatar
  4. Jepang
  5. Yordania
  6. Korea Selatan
  7. Timnas Indonesia U-20
  8. Oman
  9. Tajikistan
  10. Iran
  11. Vietnam
  12. Kirgistan
  13. China
  14. Suriah

Video Populer

Foto Populer