Sukses


Media China Mengklaim Timnas Indonesia sebagai Kekuatan Sepak Bola di Masa Depan

Bola.com, Jakarta - Sukses Timnas Indonesia di level U-16 dan U-20 menyita perhatian China. Media bernama Sohu menilai Merah Putih wajib diwaspadai di masa-masa mendatang.

Timnas Indonesia U-20 baru saja memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Marselino Ferdinan dkk. berstatus juara Grup F, di atas Vietnam yang lolos sebagai runner-up terbaik.

Sejauh ini, baru Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam saja perwakilan Asia Tenggara yang memastikan tiket ke Piala Asia U-20 2023. Posisi Thailand masih terancam karena ada grup yang belum memainkan pertandingan.

Kondisi ini memperlihatkan peta kekuatan sepak bola Asia Tenggara masih berpusat pada Timnas Indonesia, Vietnam, dan Thailand. Sohu sampai menuliskan, "Satu-dua kekalahan mungkin tak terlalu serius buat Vietnam, kalah atau menang hal biasa. Kedua tim sukses lolos ke Piala Asia U-20 2023."

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Timnas Indonesia Wajib Diwaspadai

Masih dalam laporan Sohu, kekalahan Vietnam dari Timnas Indonesia U-20 membuktikan banyak hal. Disebutkan, Merah Putih harus diwaspadai.

"Dari apa yang terjadi, terlihat bahwa ketika China bertanding melawan tim-tim ASEAN suatu saat nanti, bukan cuma Vietnam saja yang mengerikan, Timnas Indonesia wajib diwaspadai," tulisnya.

"Vietnam tertinggal lebih dulu, lalu berbalik unggul, tapi dalam tiga menit, Timnas Indonesia U-20 dapat dua gol dan memungkasi laga dengan kemenangan 3-2."

 

3 dari 5 halaman

Dua Kemenangan

Timnas Indonesia kategori usia sudah mengalahkan Vietnam dua kali. Yakni pada final Piala AFF U-16 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

"Beberapa waktu lalu, Timnas Indonesia U-16 juga sukses mengalahkan Vietnam pada final Piala AFF U-16. Jadi jelas bahwa Vietnam sudah menemukan lawan tangguh lainnya."

"Di masa mendatang, China benar-benar harus memperhatikan sepak bola Indonesia juga, bukan cuma Vietnam."

 

4 dari 5 halaman

Kekuatan Baru di Masa Mendatang

Pujian kembali mengalir tatkala Sohu mengklaim kalau Timnas Indonesia bakal jadi kekuatan baru dari Asia Tenggara.

"Sepak bola Asia Tenggara selalu memiliki 1-2 kuda hitam perkasa di turnamen kontinental. Dulu Thailand, sekarang Vietnam, dan tidak menutup kemungkinan ke depan giliran Timnas Indonesia jadi kekuatan super di ASEAN," pungkas surat kabar Sohu.

 

5 dari 5 halaman

Tuah Shin Tae-yong

Di tempat terpisah, Raja Isa, pelatih asal Malaysia, menyebut jika Shin Tae-yong punya andil besar di balik sukses Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023.

"Semua pelatih punya karakter dan kemampuan serta filosofi berbeda. Mungkin Shin Tae-yong merasa tidak ada kepercayaan untuk melepas Timnas Indonesia U-20 dengan pelatih lain, dan idealnya menurut saya memang Timnas Indonesia senior biar dipegang pelatih lain atau lokal, biar dia fokus di U-20 saja," ujar Raja Isa.

"Tapi menurut saya, dia mau sebagian Timnas Indonesia U-20 maju ke Timnas Indonesia senior. Kita harus lihat dari dua sisi, tidak semua pelatih mampu melatih tim senior dan kategori usia, tapi karena dia mau ambil tugas itu untuk kasih jam terbang buat pemain-pemain muda, ada Marselino Ferdinan."

"Tradisi pelatih dari Korea Selatan memang seperti itu. Park Hang-seo di Vietnam juga sama. Yang jelas, Shin Tae-yong tahu apa yang mau dia lakukan, dia sama sekali tidak tertekan."

Sumber: Soha.vn

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer