Sukses


Meski Tipis, Pelatih Thailand Optimistis Bisa Susul Timnas Indonesia ke Piala Asia U-20 2023

Bola.com, Jakarta - Asia Tenggara terancam hanya akan diwakili oleh Vietnam dan Timnas Indonesia saja pada ajang Piala Asia U-20 2023. Pasalnya, kans Thailand untuk lolos sangat tipis.

Timnas Indonesia dan Vietnam sama-sama lolos ke Piala Asia U-20 2023. Kedua tim berada di Grup F dan Merah Putih berhak melaju sebagai juara grup usai meraih tiga kemenangan.

Sementara itu, Vietnam adalah satu dari lima runner-up terbaik dari 10 runner-up di fase grup. Thailand juga untuk sementara berada di posisi lima runner-up terbaik, namun terancam gagal lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang berisikan Australia, Irak, India, dan Kuwait belum dimainkan. Nasib Thailand pun bergantung dari hasil di grup ini.

 

2 dari 5 halaman

Riskan

Thailand sebenarnya bermain cukup apik dengan raihan enam poin hasil dari dua kemenangan dan sekali kalah. Hanya saja, regulasi menempatkan Tim Gajah Perang di posisi kelima daftar runner-up terbaik.

Poin yang mereka kumpulkan sama dengan Vietnam, Kirgistan, China dan Suriah, yakni enam. Namun mereka kalah dari segi disciplinary points.

Alhasil, walaupun memiliki poin dan selisih gol dengan Suriah, Thailand mesti berharap pada hasil pertandingan di Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

 

3 dari 5 halaman

Optimistis

Pelatih Thailand Salvador Valero Garcia cukup yakin anak asuhnya masih memiliki peluang untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

"Ketika Thailand kalah dari Oman 0-1, saya masih percaya diri sampai menit terakhir bahwa Thailand bisa lolos ke Piala Asia U-20 2023," katanya dinukil dari Soha.

"Thailand berada di urutan kedua grup dan menantikan keberuntungan, tinggal bagaimana hasil di Grup H. Kami bangga dengan enam poin yang kami raih."

 

4 dari 5 halaman

Bangga

Salvador Valero Garcia memberikan apresiasi kepada para pemainnya. Kekalahan dari Oman memang disesali, tapi ia salut pada perjuangan anak asuhnya.

"Saya bangga dengan para pemain dan mereka menunjukkan semua kemampuan mereka di lapangan," kata Garcia.

"Mereka berjuang sampai titik darah penghabisan saat melawan Oman untuk meraih kemenangan," tambahnya.

Sumber: Soha

5 dari 5 halaman

Daftar Tim yang Lolos Piala Asia U-20 2023

  1. Uzbekistan (tuan rumah)
  2. Arab Saudi
  3. Qatar
  4. Jepang
  5. Yordania
  6. Korea Selatan
  7. Indonesia
  8. Oman
  9. Tajikistan
  10. Iran
  11. Vietnam
  12. Kirgistan
  13. China
  14. Suriah

*dua tim lagi menunggu hasil Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Video Populer

Foto Populer