Sukses


3 Pemain yang Layak Dimasukkan Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia di Piala Asia U-20 2023

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan dari 1-18 Maret. Tim Garuda Nusantara berhasil lolos setelah menyapu bersih kemenangan dalam tiga laga di Grup F.

Timor Leste, Hong Kong, hingga lawan terberat Vietnam berhasil ditaklukkan Timnas Indonesia U-20 dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada 14 sampai 18 September 2022.

Kini Timnas Indonesia U-20 punya jeda waktu kurang lebih lima bulan sebelum berangkat ke Uzbekistan. Artinya, perubahan komposisi pemain masih bisa terjadi.

Meski demikian, jika melihat kiprah di kualifikasi, Bola.com merangkum ada tiga pemain yang wajib dipertahankan pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong.

Ketiganya punya peran penting dalam tim. Mereka berposisi sebagai kiper, gelandang, dan striker. Berikut ini tiga pemain yang wajib masuk Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cahya Supriyadi

Kiper asal Persija Jakarta tersebut tampil apik pada laga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20. Hanya saja dia tidak tampil dalam tiga pertandingan, karena pada laga kedua lawan Hong Kong, Cahya mengalami cedera.

Bahkan, dia sampai harus dibawa ambulans ke rumah sakit karena mengalami benturan dengan rekan setimnya, Rahmat Beri Santoso. Alhasil, dia hanya bermain sampai menit ke-60 pada laga kontra Hong Kong.

Selama bermain di Grup F, gawang Timnas Indonesia U-20 tak pernah kebobolan. Total, dia melakukan luma penyelamatan penting dalam dua laga tersebut.

Performa apik tersebut membuat Cahya Supriadi menjadi perbincangan pencinta sepak bola di Tanah Air. Nama kiper berusia 19 tahun itu sempat masuk daftar pemain Timnas Indonesia senior untuk ajang FIFA Matchday pekan ini.

Namun, karena cedera benturan di kepala, nama Cahya digantikan kiper Persis Solo, M. Riyandi. Lantaran saat ini Cahya masih diharuskan untuk beristirahat.

Dengan performa gemilang di bawah mistar gawang, Cahya Supriadi dinilai layak untuk membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 tahun depan.

 

3 dari 5 halaman

Marselino Ferdinan

Gelandang yang satu ini tak perlu diragukan lagi kemampuannya. Pemain berusia 18 tahun itu memang sekali tampil sebagai starter pada kualifikasi Piala Asia U-20, yakni pada laga kontra Timor Leste.

Namun, bukan berarti dia tidak jadi andalan saat melawan Hong Kong dan Vietnam. Justru dia jadi kunci untuk meraih kemenangan, karena berhasil mencetak tiga gol ketika melawan Hong Kong dan Vietnam.

Keberadaan pemain Persebaya Surabaya itu membuat serangan Timnas Indonesia U-20 lebih tajam. Dia punya visi bermain dan ketenangan yang bagus.

Selain itu, tentu senjata utamanya adalah tendangan keras nan akurat. Sudah banyak kiper tangguh di Liga 1 yang jadi korban tembakan kerasnya.

Ini bisa jadi senjata di Piala Asia U-20 di Uzbekistan 2023. Ketika lini depan buntu, tendangan keras Marselino bisa jadi solusinya. Catatan itu membuat Marselino Ferdinan jadi pemain yang wajib dibawa.

 

4 dari 5 halaman

Hokky Caraka

Striker jebolan Garuda Select itu jadi andalan utama di lini depan. Hokky mencetak hattrick saat pertandingan pertama kualifikasi Grup F Piala Asia U-20, yakni kontra Timor Leste.

Namun, setelah itu dia absen mencetak gol saat melawan Hong Kong dan Vietnam. Meski demikian, perannya masih penting di lini depan Tim Garuda Nusantara.

Pasalnya, saat mendapat suplai bola yang bagus, Hokky punya insting gol tinggi. Sundulan kepala dan ketenangannya didepan gawang jadi nilai lebih. Padahal dulunya, dia merupakan pemain belakang.

Selain itu, posturnya juga mumpuni sebagai pemain depan. Dia tergolong punya power untuk berduel dengan pemain belakang lawan. Hokky merupakan tipikal pemain nomor 9 yang selama ini tengah dicari Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

Hasil Pertandingan Timnas Indonesia U-20

14 September 2022

  • Timnas Indonesia U-20 4 - 0 Timor Leste

16 September 2022

  • Hong Kong 1 - 2 Timnas Indonesia U-20

18 September 2022 

  • Timnas Indonesia U-20 3 - 2 Vietnam
Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer