Sukses


Membedah Peta Kekuatan Timnas Indonesia Jelang Kontra Curacao: Shin Tae-yong Punya Banyak Senjata Mematikan

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi Curacao dalam agenda FIFA Matchday yaitu pada Sabtu (24/9/2022) dan Selasa (27/9/2022). Kemenangan untuk dua pertandingan nanti jelas akan sangat berarti bagi tim Merah-putih, terutama untuk mendongkrak peringkat FIFA.

Menjamu Curacao, Timnas Indonesia berstatus sebagai tuan rumah. Untuk Laga pertama akan dimainkan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu 24 September 2022. Tiga hari berselang, laga kedua akan digelar di Stadion Pakansari.

Curacao saat ini berada di peringkat ke-84 ranking FIFA. Jadi, jika ingin memperbaiki ranking FIFA, maka Timnas Indonesia harus mengalahkan Vurnon Anita dan kawan-lawan.

Peluang Skuad Garuda untuk meraih kemenangan lawan Curacao tentu terbuka. Apalagi, kedalaman skuad Timnas Indonesia cukup bagus. Materi pemain pilihan Shin Tae-yong cukup kompetitif dan pengalaman bertanding mereka sudah terbentuk.

Timnas Indonesia berkekuatan 23 pemain saat menantang Curacao dua pertandingan nanti. Menariknya, dari 23 pemain tersebut, pelatih Shin Tae-yong punya beberapa nama pemain yang menjadi senjata mematikan, terutama karena punya label versatile atau serbabisa.

2 dari 6 halaman

Opsi Lini Depan

Shin Tae-yong membawa tiga pemain yang bisa bermain sebagai penyerang tengah: Dimas Drajad, Ramadhan Sananta, dan Dendy Sulistiawan. Sebagai opsi, M. Rafli juga bisa memainkan peran ujung tombak.

Dimas Drajad mungkin akan jadi pilihan utama Shin Tae-yong. Pemain 26 tahun itu adalah bagian dari skuad Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 lalu. Dimas Drajad mencetak satu gol ke gawang Nepal.

Untuk peran winger, Shin Tae-yong bakal punya banyak pilihan. Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman mungkin akan jadi pilihan utama. Namun, kehadiran Saddil Ramdani juga tidak bisa dipandang dengan sebelah mata.

3 dari 6 halaman

Kombinasi Lini Tengah

Shin Tae-yong punya banyak opsi di lini tengah. Ada dua pemain dengan naluri bertahan tinggi, Marc Klok dan Rachmat Irianto. Bedanya, Klok punya umpan progresi yang bagus. Sedangkan, Irianto disiplin menjaga ruang.

Klok dan Irianto bisa bermain bersama. Pada formasi 4-3-3, Kambuaya akan menjadi tandem ideal bagi mereka. Hanya saja, kehadiran Syahrian Abimanyu tidak boleh dilupakan.

Lalu, masih ada Marselino Ferdinan yang kini jadi 'anak emas' Shin Tae-yong. Di bawah kendali pelatih asal Korea Selatan itu. Marselino adalah anggota tetap Timnas untuk kategori senior, U-23, dan U-19.

4 dari 6 halaman

Elkan Baggott Jadi Pilihan Utama?

Shin Tae-yong tidak membuat perubahan signifikan di lini tengah. Nama-nama yang dipanggil adalah mereka yang sering menghiasi skuad Timnas Indonesia. Namun, persaingan bakal sangat ketat.

Duet Fachruddin dan Rizky Ridho tampil bagus di SEA Games 2021 lalu. Akan tetapi, duet ini mungkin bakal dipisahkan oleh Elkan Baggott. Dia bermain reguler di Gillingham. Baggott mungkin akan menjadi pilihan utama.

Untuk posisi bek sayap, Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam mungkin akan tetapi jadi pilihan utama. Sementara, di bawah mistar, Nadeo Argawinata diyakini akan menjadi pilihan utama.

5 dari 6 halaman

Pemain Versatile

Shin Tae-yong bakal punya banyak ospi taktik untuk melawan Curacao. Sebab, ada beberapa pemain yang bisa memainkan banyak peran berbeda atau versatile di skuad Timnas Indonesia.

Rachmat Irianto adalah salah satunya. Dia bisa bermain untuk peran bek tengah, gelandang, dan wingback kanan dengan sama baiknya. Asnawi Mangkualam juga sama. Dia bisa bermain sebagai bek kanan maupun gelandang.

Selain dua nama tersebut, M. Rafli juga bisa memberi banyak opsi di lini depan dan tengah. Pemain Arema FC itu bisa bermain sebagai gelandang serang maupun 'nomor 9'. Dendy Sulistiawan juga bisa bermain sebagai winger atau penyerang tengah.

6 dari 6 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia

Penjaga Gawang: Muhammad Riyandi (Persis Solo), Nadeo Argawinata (Bali United), Syahrul Trisna Fadillah (Persikabo)

Belakang: Muhammad Ferarri (Persija), Asnawi Mangkualam (Ansan), Elkan Baggott (Gillingham), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Fachrudin Aryanto (Madura United), Rizky Ridho (Persebaya), Koko Ari (Persebaya)

Gelandang: Rachmat Irianto (Persib), Marselino Ferdinan (Persebaya), Ricky Kambuaya (Persib), Marc Klok (Persib), Syahrian Abimanyu (Persija)

Winger dan Penyerang: Dendy Sulistyawan (Bhayangkara), Egy Maulana Vikri (ViOn Zlate), Yakob Sayuri (PSM), Witan Sulaeman (AS Trencin), Saddil Ramdani (Sabah FC), Muhammad Ramadhan Sananta (PSM), Dimas Drajad (Persikabo), Muhammad Rafli (Arema FC)

Pelatih: Shin Tae-yong

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 21/9/2022)

Video Populer

Foto Populer