Sukses


Kembalinya Sosok Yakob Sayuri ke Timnas Indonesia: Bikin Lini Depan Racikan Shin Tae-yong Lebih Ganas

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi Curacao dalam agenda FIFA Matchday yaitu pada Sabtu (24/9/2022) dan Selasa (27/9/2022). Kemenangan untuk dua pertandingan nanti jelas akan sangat berarti bagi tim Merah-putih, terutama untuk mendongkrak peringkat FIFA.

Menjamu Curacao, Timnas Indonesia berstatus sebagai tuan rumah. Untuk Laga pertama akan dimainkan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu 24 September 2022. Tiga hari berselang, laga kedua akan digelar di Stadion Pakansari.

Ada satu hal yang cukup menarik diperbincangkan. Yaitu pemanggilan bintang PSM Makassar, Yakob Sayuri oleh Shin Tae-yong dan memperkuat lini penyerangan Timnas Indonesia. Ia dipanggil bersama rekannya di PSM, Ramadhan Sananta.

Melihat performa Sayuri dan Sananta belakangan ini memang wajar jika Shin Tae-yong mengikutsertakan kedua nama itu yang terbukti klinis di pertahanan lawan.

2 dari 5 halaman

Bukan yang Pertama

Yakob Sayuri sebenarnya pernah berkesempatan masuk ke Timnas Indonesia. Pemain berusia 25 tahun tersebut pernah ikut masuk skuad Garuda Nusantara pada Juli 2020.

PSM Makassar menyumbang empat pemain yang masuk daftar panggil Timnas Indonesia untuk menjalani pemusatan latihan menghadapi lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022. Mereka adalah Asnawi Mangkualam, M. Arfan, Yakob Sayuri dan Miswar Saputra. Dua nama terakhir adalah rekrutan anyar Juku Eja musim ini.

Namun setelah itu, Yakob Sayuri kalah bersaing dengan nama-nama tenar lainnya. Shin Tae-yong masih jeli untuk memanggilnya kembali setelah penampilannya yang memukau di BRI Liga 1 2022/2023 dengan mencatat empat gol dan tiga assist.

3 dari 5 halaman

Penuh Potensi

Yakob Sayuri adalah tipikal penyerang sayap ideal. Selain memiliki kecepatan, dribling dan umpan yang akurat, ia juga bisa mencetak gol. Berkostum tim nasional juga bukan hal baru buat Yakob.

Pada 2019, ia memperkuat Timnas Indonesia U-23 pada ajang Piala Merlion di Singapura. Di ajang itu, ia tampil saat Indonesia menghadapi Thailand U-23, 7 Juni dan Filipina U-23.

Sejak di PSM, Yakob pernah bersaing dengan lima penyerang sayap lainnya yakni Ezra Walian, Saldi, Rizky Eka Pratama, Bayu Gatra, Irsyad Maulana dan Ferdinand Sinaga.

Ia beroperasi di sisi kanan dan penampilan Yakob terbilang signifikan, sejatinya ia masih menyimpan sedikit kelemahan. Yakob masih kerap asyik mempertontonkan kelebihan individunya.

4 dari 5 halaman

Lompatan Karier

Bagi Yakob, sukses yang digapainya saat ini merupakan lompatan karier yang terbilang cepat. Pada 2018, ia hanya berstatus pemain Liga 3 zona Papua bersama Persemi Mimika. Bersama Persemi, namanya mulai diperhitungkan usai menjadi top skorer musim itu dengan koleksi 13 gol dari 10 partai. Di musim yang sama, ia juga menjadi bagian dari sukses Persewar Waropen promosi ke Liga 2.

Talenta yang dimiliki pria kelahiran Yapen, 9 September 1997 ini terpantau legenda Persipura Jayapura, Eduard Ivakdalam yang kemudian merekomendasi Yakob ke Barito Putera jelang Liga 2019.

Kebetulan saat itu, Barito Putera ditangani Jacksen Tiago yang dikenal piawai dalam mengorbitkan pemain muda. Di musim perdananya bersama Barito Putera di kompetisi kasta tertinggi tanah, Yakob tampil dalam 22 partai dengan koleksi satu gol. Pencapaian lumayan buat pemain muda yang sebelumnya bermain di tim Liga 3.

Di Barito pula, Yakob untuk kali pertama berseragam timnas Indonesia. Ia melakukan debut internasional untuk Indonesia U-23 pada 7 Juni 2019 melawan Thailand U-23 dan Filipina U-23 pada 9 Juni 2019 di Piala Merlion 2019.

5 dari 5 halaman

Senjata Ampuh Timnas Indonesia

Masuknya Yakob Sayuri di Timnas Indonesia saat ini, akan membuat Shin Tae-yong jadi punya banyak pilihan. Khususnya untuk stok pemain sayap.

Dari 23 nama pemain yang dipanggil, ada sederet pemain yang bisa dioperasikan sebagai penyerang sayap seperti posisi Yakob Sayuri. Ada sosok Egy Maulana Vikri, Witan Sulaiman, hingga Saddil Ramdani.

Yakob Sayuri yang dibekali kecepatan, kelincahan, serta naluri mencetak gol, akan sangat berguna bagi Shin Tae-yong dalam merancang skema permainannya. Yakob Sayuri bisa dimainkan pada babak kedua, di saat lawan mulai kehabisan tenaga.

Video Populer

Foto Populer