Sukses


2 Alasan Shin Tae-yong Tetap Panggil Muhammad Rafli ke Timnas Indonesia

Bola.com, Bandung - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akhirnya buka suara mengenai alasan pemanggilan Muhammad Rafli untuk laga FIFA Matchday melawan Curacao. Menurut Shin Tae-yong, penyerang Arema FC itu layak dipanggil karena punya dua kelebihan.

Pemanggilan Muhammad Rafli ke Timnas Indonesia sempat menjadi kontroversi karena performa sang pemain yang tak begitu gemilang di Arema FC. Rafli sejauh ini sudah bermain sebanyak enam kali di BRI Liga 1, namun belum mampu mencetak gol.

Pelatih Shin Tae-yong sebenarnya punya beberapa opsi penyerang berkualitas semisal Ahmad Nur Hadianto (Borneo FC) dan Wildan Ramdhani (Persita Tangerang). Namun, Shin Tae-yong bersikukuh memilih Rafli karena bagus secara potensi dan fisik mumpuni.

"Terkait Rafli, saya percaya dengan dia karena selama ini juga sudah beberapa kali ikut pemusatan latihan. Saya melihat dia ada potensi dan punya fisik yang bagus," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga melawan Curacao di FIFA Matchday, Jumat (23/9/2022).

2 dari 5 halaman

Tak Jadi Acuan

Pelatih Shin Tae-yong mengakui performa Muhammad Rafli sedang tidak bagus bersama Arema FC. Namun, itu bukan jadi tolok ukur dari pemanggilan ke Timnas Indonesia.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut berpendapat, dalam memilih pemain dia memiliki sejumlah pertimbangan yang panjang. Termasuk dengan rekam jejak sang pemain secara keseluruhan.

"Memang belakangan ini performanya sedang tidak bagus di liga. Namun, saya sebagai pelatih untuk membuat tim itu melihat secara keseluruhan bukan hanya pada bagian kecil. Jangan ada yang salah sangka," ucap Shin Tae-yong.

3 dari 5 halaman

Misi Khusus

Timnas Indonesia akan menghadapi Curacao pada laga FIFA Matchday pertama yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (24/9/2022) malam WIB. Pelatih Shin Tae-yong mengaku, punya misi khusus yang ingin dilihat dalam laga tersebut.

Pelatih Shin Tae-yong, sadar diri Curacao adalah tim yang bagus dan punya ranking FIFA di atas Timnas Indonesia. Hal itulah yang membuatnya menjadikan laga nanti sebagai ajang untuk melihat kemampuan timnya saat menghadapi lawan yang berkualitas.

"Timnas Indonesia saat ini berada di urutan ke-155, sedangkan Curacao di posisi 84. Memang sangat tinggi posisinya di ranking FIFA dibanding Indonesia. Saya ingin melihat tim kita apakah bisa melawan tim bagus ini apa tidak. Apakah kami bisa melakukan permainan yang diinginkan," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

4 dari 5 halaman

Persiapan Matang

Pelatih Shin Tae-yong juga mengaku Timnas Indonesia sudah melakukan persiapan yang bagus jelang laga melawan Curacao. Shin Tae-yong yakin timnya bisa meraih hasil maksimal dalam laga nanti.

"Kami sudah memulai pemusatan latihan sejak 19 September lalu dan berlangsung lancar. Hanya Asnawi kondisinya tidak begitu baik, selain dia semua pemain baik-baik saja kondisinya. Kami akan mempersiapkan tim dengan lebih baik," ucap Shin Tae-yong.

"Memang Curacao lebih baik, akan tetapi saya tetap akan mempersiapkan tim dengan baik agar memberikan kebahagiaan kepada suporter yang haus akan kemenangan," ujar sang pelatih.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia Vs Curacao

FIFA Matchday

24 September 2022

  • Timnas Indonesia Vs Curacao
  • Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung
  • Kick-off 19.30 WIB
  • Live Indosiar
  • Live Streaming Vidio

27 September 2022

  • Timnas Indonesia Vs Curacao
  • Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor
  • Kick-off 19.30 WIB
  • Live Indosiar
  • Live Streaming Vidio

Video Populer

Foto Populer