Sukses


Menerka Starting XI Timnas Indonesia Vs Curacao: Shin Tae-yong Istirahatkan Asnawi?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan memulai rangkaian pertandingan persahabatan internasional menghadapi Curacao dengan lebih dulu berhadapan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Sabtu (24/9/2022). Bermaterikan 23 pemain terbaik, siapa yang akan mendapatkan kepercayaan dari Shin Tae-yong untuk menjadi 11 pertama pada awal laga?

Shin Tae-yong memanggil 23 pemain untuk menjalani dua laga pertandingan persahabatan internasional Timnas Indonesia kontra Curacao itu. Dari 23 pemain itu, enam di antaranya merupakan pemain yang berkarier di luar negeri.

Mulai dari Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Elkan Baggott, Saddil Ramdani, dan Pratama Arhan, sudah ada dalam Timnas Indonesia yang akan bertanding di Bandung.

Selain itu, Shin Tae-yong juga memanggil sejumlah pemain muda yang sempat dimainkannya bersama tim kelompok usia, seperti Marselino Ferdinan dan Muhammad Ferrari.

Bahkan Shin Tae-yong juga memberikan kepercayaan kepada sejumlah pemain yang cemerlang di BRI Liga 1 2022/2023, termasuk Muhammad Ramadhan Sananta yang cemerlang bersama PSM Makassar dan kini langsung mendapatkan kesempatan membela Tim Garuda.

Dari 23 pemain tersebut, siapa yang menjadi pilihan utama Shin Tae-yong untuk pertandingan pertama Timnas Indonesia melawan Curacao ini?

2 dari 5 halaman

Asnawi Mangkualam Disimpan

Dari pengamatan Bola.com saat latihan resmi Timnas Indonesia jelang laga pertama kontra Curacao, Jumat (23/9/2022), tampak Asnawi Mangkualam Bahar masih berlatih secara terpisah dengan rekan-rekan setimnya yang lain.

Kemungkinan Besar Asnawi masih harus menjalani pemulihan dari cedera yang dialaminya. Dengan begitu, Asnawi pun kemungkinan besar akan absen dalam pertandingan pertama, atau masuk sebagai pemain pengganti pada babak kedua.

Pelatih Shin Tae-yong pun tidak mau terlalu ambil pusing karena merasa sudah ada pengganti yang dipersiapkannya untuk pertandingan ini.

3 dari 5 halaman

Komposisi dan Formasi ala Shin Tae-yong

Dengan pemain-pemain yang dimilikinya, besar kemungkinan Shin Tae-yong akan menerapkan formasi 3-4-3 saat Timnas Indonesia berhadapan dengan Curacao.

Pemilihan ini juga cukup masuk akal jika mengingat Asnawi Mangkualam yang kemungkinan besar bakal absen dalam pertandingan tersebut.

Sebagai gantinya, Shin Tae-yong akan menggunakan tiga pemain berposisi sebagai stoper di lini pertahanan. Ketiga pemain tersebut besar kemungkinan akan diisi oleh Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, dan Rachmat Irianto.

Ketiga stoper tersebut akan bekerja sama dan bahu membahu untuk mengawal gawang Tim Garuda yang besar kemungkinan akan dikawal oleh Nadeo Argawinata.

 

4 dari 5 halaman

Duo Persib di Tengah, Pemain Cepat di Sayap

Dengan pemilihan tiga pemain bertahan, otomatis Shin Tae-yong akan memaksimalkan sisi sayap di lini tengah. Pratama Arhan dan Saddil Ramdani kemungkinan bakal mengisi pos di lini tengah bagian sayap, di mana kecepatan kedua pemain itu akan jadi kunci permainan.

Keduanya akan mendukung duo Persib Bandung di lini tengah, Ricky Kambuaya dan Marc Klok. Kedua pemain tersebut akan menjadi inti dari permainan Tim Garuda dalam pertandingan tersebut.

Sementara di lini depan, duo sahabat Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman diprediksi akan membantu Muhammad Dimas Drajad yang bakal diandalkan di posisi ujung tombak.

 

5 dari 5 halaman

Perkiraan Susunan Pemain Timnas Indonesia

Formasi Timnas Indonesia: 3-4-3

Kiper: Nadeo Argawinata

Bek: Rizky Ridho (kiri), Fachruddin Aryanto, Rachmat Irianto (kanan)

Tengah: Pratama Arhan (kiri), Ricky Kambuaya (bertahan), Marc Klok (serang), Saddil Ramdani (kanan)

Depan: Egy Maulana Vikri (kanan), Dimas Drajad (tengah), Witan Sulaeman (kiri)

Pelatih: Shin Tae-yong

Video Populer

Foto Populer