Sukses


Timnas Indonesia Vs Curacao: Shin Tae-yong Usung Skema Serupa Saat Tumbangkan Kuwait?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia sudah siap lahir batin menghadapi perlawanan Curacao pada laga uji coba resmi yang berlangsung di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Sabtu (24/9/2022) malam WIB.

Bila menilik rangking FIFA terkini, kondisi kedua kesebelasan bak langit dan bumi. Negara yang berada di Laut Karibia itu menduduki peringkat ke-84 dunia. Sementara Timnas Indonesia masih nyaman berada di peringkat ke-155.

Meski secara peringkat terpaut cukup jauh, Indonesia tentu tak akan berkecil hati. Di bawah tangan dingin pelatih Shin Tae-yong, skuad Garuda terbukti mampu menemukan keseimbangan yang baik.

Transformasi taktik dari 4-3-3 menjadi 3-4-3 membuat permainan Indonesia semakin solid. Terbukti, mereka berhasil mengunci tiket ke Piala Asia setelah menumbangkan jagoan timur tengah sekaligus tuan rumah Kualifikasi Piala Asia, Kuwait.

Melirik dari 23 nama yang dipanggil pelatih asal Korea Selatan tersebut, sepertinya Timnas Indonesia akan kembali menggunakan skema yang sama di pertandingan ini. Lantas, siapa saja yang bakal mengisi pos di masing-masing lini?

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Nadeo Argawinata Tetap di Bawah Mistar

Tanpa mengecilkan kehebatan Syahrul Trisna dan M. Riyandi, Nadeo Argawinata rasanya bakal mengunci satu tempat di bawah mistar. Pria asal Kediri itu jadi pemain paling berpengalaman menghadapi tekanan di panggung internasional.

Bukan tanpa alasan, pelatih Shin Tae-yong tersebut menggemari penjaga gawang berusia 25 tahun itu. Tak hanya refleks cepat, Nadeo juga memiliki ketangkasan dalam membaca setiap umpan silang lawan.

Di pentas internasional, Indonesia memang kerap menghadapi lawan-lawan dengan postur tinggi besar. Kebolehan Nadeo dalam bola-bola udara yang membuat STY tak pernah berpaling darinya selama ini.

 

3 dari 5 halaman

Trio Bek Tengah Tangguh

Fachruddin Wahyudi Aryanto dipastikan akan kembali memimpin rekan-rekannya di pertandingan nanti. Sebagai pemain paling senior di skuad Garuda, pengalamannya menghadapi penyerang kelas wahid sudah tak perlu diragukan lagi.

Melihat dari pertarungan di Kualifikasi Piala Asia lalu, Rizky Ridho dan Elkan Baggott paling berpeluang mendampinginya di jantung pertahanan. Tetapi kehadiran M. Ferarri dari Timnas Indonesia U-20 membuat persaingan sedikit rumit.

Dengan postur yang sama tingginya, Ferarri mungkin akan dipilih ketimbang Baggott untuk laga pertama ini. Perjalanan melelahkan dari Inggris ke Indonesia jelas memengaruhi kebugaran sang pemain.

 

4 dari 5 halaman

Chemistry Trio Persib Bandung

Bermain di GBLA bakal semakin menambah motivasi tiga pemain asal Persib Bandung yakni Marc Klok, Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya. Apalagi, besar kemungkinan ketiganya bakal disandingkan di lini tengah Indonesia.

Peran khusus bakal kembali dimainkan oleh Rian, sapaan akrab Rachmat Irianto, di pertandingan nanti. Ketiadaan Asnawi Mangkualam Bahar yang masih menderita cedera membuatnya kembali dimainkan sebagai wing-back kanan.

Sementara di sisi sebaliknya, Pratama Arhan menjadi pilihan terbaik bagi STY. Pemain yang kini berkarier di Jepang bersama FC Tokyo itu bakal jadi senjata rahasia dengan lemparan ke dalam yang menjadi ciri khasnya.

 

5 dari 5 halaman

Siapa Gantikan Peran Stefano Lilipaly

STY melakukan sedikit perombakan di lini depan skuad Indonesia. Stefano Lilipaly dan Irfan Jaya menjadi dua nama yang ditepikan pelatih berusia 51 tahun tersebut untuk pertandingan uji coba kali ini.

Kecerdikan Saddil Ramdani dan Witan Sulaeman saat menghabisi Nepal di laga pamungkas Kualifikasi Piala Asia lalu sepertinya begitu membekas bagi sang pelatih. Keduanya bakal mengapit Dimas Drajad yang mengisi pos no. 9.

Sementara itu, beberapa pemain lain yang tengah moncer di kompetisi domestik seperti Yakob Sayuri dan Ramadhan Sananta bakal mendapat giliran di babak kedua.

Video Populer

Foto Populer