Sukses


Rapor Pemain Timnas Indonesia Saat Mengalahkan Curacao: Marc Klok Poin Tertinggi

Bola.com, Bandung - Laga uji coba Timnas Indonesia melawan Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (24/9/2022), berjalan seru. Perbedaan besar kedua tim di ranking FIFA tampaknya tak memberikan pengaruh.

Timnas Indonesia yang berada di posisi ke-155 dalam ranking FIFA menjamu Curacao yang memiliki ranking 84. Satu hal yang menarik, jalannya pertandingan berjalan cukup berimbang.

Jual beli serangan dan saling berbalas gol terjadi sejak babak pertama. Curacao mencetak gol lebih dulu lewat Rangelo Mario. Gol ini tergolong cepat karena datang pada menit ketujuh.

Namun, mentalitas pemain Timnas Indonesia tidak merosot. Marc Klok memastikan Tim Garuda menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-19.

Kapten Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto, membuat timnya berbalik unggul lewat tandukan pada menit ke-23. Namun, Curacao kembali menyamakan kedudukan menjadi 2-2 dalam dua menit saja.

Gol kemenangan Timnas Indonesia lahir pada menit ke-65 lewat Dimas Drajad. Namun, tak ada gol tambahan lagi pada babak kedua karena tensi permainan pun menurun.

Lalu seperti apa rapor para pemain Timnas Indonesia dalam pertandingan ini?

2 dari 5 halaman

Lini Pertahanan

Kiper

Nadeo Argawinata: 7

  • Dalam pertandingan ini, Nadeo Argawinata kemasukan dua gol. Namun, dua gol itu memang bola sulit dan bukan kesalahannya. Uniknya, Nadeo hanya melakukan satu save dalam laga ini. Artinya banyak serangan Curacao yang tidak menemui sasaran.

 

Bek

Fachruddin Ariyanto: 7,5

  • Saat bertahan dia beberapa kali dibuat keteteran oleh pemain Curacao. Namun, Fachruddin memperbaikinya pada babak kedua. Dalam laga ini, kapten Timnas Indonesia ini juga mencetak gol pada menit ke-23 lewat tandukan.

Rachmat Irianto: 7,5

  • Dia bermain di dua posisi dalam laga ini. Pertama jadi bek tengah. Sedangkan pengujung babak kedua menjadi gelandang bertahan. Dua posisi itu dijalani dengan baik. Bahkan dua kali dia punya pelung di depan gawang. Sayang, eksekusi Rian tidak sempurna.

Elkan Baggott: 7,5

  • Pada awal laga dia beberapa kali mendapat tekanan. Perlahan, Baggott berhasil menetralkan daerahnya. Apalagi secara postur, dia masih lebih tinggi. Dia juga tampil tenang seperti biasanya meski lawan yang dihadapi punya kualitas lebih bagus.

 

3 dari 5 halaman

Lini Tengah

Yakob Sayuri: 7

  • Diturunkan sebagai sayap kanan, pemain PSM Makassar ini tampil lumayan baik. Hanya saja akurasi umpannya masih sering meleset.

Marc Klok: 8

  • Bisa dibilang dia pemain kunci dalam pertandingan ini. Berani bertarung di lini tengah sekaligus mengalirkan bola ke depan. Dia memperlihatkan ketenangannya mengawal lini tengah. Klok tidak lagi sering mengirimkan umpan panjang. Dia mencetak gol pertama Timnas Indonesia pada menit 19.

Ricky Kambuaya: 6,5

  • Perannya tak banyak terlihat. Aksi box to box yang selama ini jadi andalan Ricky juga jarang muncul. Sebab, Curacao memberikan pressing ketat saat dia dapat bola. Ini membuat Ricky ditarik keluar saat jeda permainan.

Pratama Arhan: 7,5

Kontribusi bek kiri yang satu ini luar biasa. Arhan memang hanya sesekali membantu serangan. Namun, dia berhasil memberikan dua assist. Satu lewat lemparan jauh dan satu lagi crossing mendatar.

4 dari 5 halaman

Lini Serang

Witan Sulaeman: 7

  • Akselerasinya tidak banyak terlihat. Dia coba lebih efektif dengan tidak terlalu sering membawa bola sendirian. Namun, pada pertengahan babak kedua dia mengalami cedera dan tidak sanggup melanjutkan pertandingan.

Dimas Drajad: 7,5

  • Bermain sebagai ujung tombak, Dimas tampil efektif. Ketika sulit punya peluang, dia bisa jadi tembok atau pemantul bola untuk rekannya. Seperti assist yang dibuatnya untuk gol pertama Timnas Indonesia lewat Marc Klok pada menit ke-19.

Egy Maulana: 6,5

  • Dia hanya dapat waktu bermain 45 menit saja. Sebenarnya Egy lumayan bekerja keras. Saat hilang bola, dia langsung memberikan pressing kepada pemain belakang lawan. Sikap ngotot Egy terlihat meski kalah postur.
5 dari 5 halaman

Pemain Pengganti

Saddil Ramdani: 6,5

  • Dia punya peluang lewat tendangan bebas pada pertengahan babak kedua. Setelah itu, Saddil Ramdani tidak terlalu dominan melakukan akselerasi ke depan.

Marselino Ferdinan: 7

  • Lini tengah Timnas Indonesia lumayan lebih enak ditonton ketika dia masuk. Umpan satu-dua sentuhan dengan Marc Klok dan pemain lain bisa berjalan apik.

Ramadhan Sananta: 6,5

  • Dia hanya tampil 15 menit sebagai pengganti. Sebenarnya dia sempat memberikan harapan di lini depan. Sananta sempat melepaskan tendangan on target. Selain itu dia sempat agresif memburu bola dari kaki lawan. Namun, setelah itu dia seperti mengalami masalah karena gerakannya tak secepat saat awal masuk. Pada menit 84 dia digantikan M. Rafli.

Dendy Sulistyawan: 6,5

  • Perannya juga jarang terlihat dalam laga ini. Dendy seperti kurang mendapatkan menit bermain. Selain itu, dia sepertinya masih proses adaptasi dengan gaya strategi Shin Tae-yong.

Muhammad Rafli: 6,5

  • Masuk pada pengujung laga, Rafli sempat memberikan umpan matang kepada Rachmat Irianto yang berlari ke depan gawang. Sayang peluang itu tidak berbuah gol. Setelah momen itu tidak ada lagi aksi berbahaya yang dibuat Rafli.

Rizky Ridho: 6,5

  • Dia jadi pemain terakhir yang masuk lapangan. Perannya hanya menambah kekuatan lini belakang. Meski hanya 5 menit berada di lapangan, dia cukup bisa meredam serangan Curacao.

Video Populer

Foto Populer