Sukses


Terungkap, Ini Alasan Asnawi Mangkualam Tidak Bermain saat Timnas Indonesia Taklukkan Curacao

Bola.com, Bandung - Teka-teki menghilangnya Asnawi Mangkualam dalam duel Timnas Indonesia melawan Curacao di FIFA Matchday hari Sabtu (24/09/2022) akhirnya terungkap.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku sengaja tidak memainkan sang pemain karena belum dalam kondisi bugar.

Pada laga ini, Shin Tae-yong memainkan skema 3-4-3. Posisi Asnawi Mangkualam digantikan oleh Yakob Sayuri yang dijadikan sebagai bek sayap kanan Timnas Indonesia.

Kehilangan Asnawi terlihat menimbulkan sejumlah masalah di belakang Timnas Indonesia. Beruntung para pemain masih bisa mengantisipasi serangan yang dilancarkan oleh Curacao.

Timnas Indonesia akhirnya berhasil meraih kemenangan 3-2 atas Curacao pada laga FIFA Matchday yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (24/9/2022) malam WIB.

Gol kemenangan skuad Merah Putih dicetak oleh Marc Klok (18'), Fachruddin Aryanto (22'), Dimas Drajad (56'), sedangkan gol Curacao dibukukan Rangelo Janga (8'), Juninho Bacuna (25').

2 dari 5 halaman

Sengaja Disimpan

Pelatih Shin Tae-yong menyebut, kondisi Asnawi Mangkualam tak sepenuhnya bugar karena mengalami cedera saat membela Ansan Greeners FC di K-League 2.

Shin Tae-yong tak ingin berjudi memainkan Asnawi pada laga perdana Timnas Indonesia melawan Curacao.

"Asnawi sempat mengalami cedera saat diKorea. Dia bilang kondisinya 80-90 persen. Namun, saya mau menjaga kebugaran agar tidak kambuh," ucap Shin Tae-yong.

"Jadi, sengaja tidak dimainkan kali ini. Memang saya rencanakan untuk memakai Asnawi di Piala AFF nanti," ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

3 dari 5 halaman

Ingin Menang

Pelatih Shin Tae-yong mengaku, Timnas Indonesia sempat kesulitan dengan permainan Curacao. Namun, daya juang pemain dan semangat pantang menyerah membuat kemenangan bisa diraih dengan sempurna.

"Memang Curacao memiliki peringkat FIFA jauh di atas kami. Secara postur tubuh mereka juga lebih tinggi dari kami. Banyak hal yang menyulitkan tim kami sampai gol pertama dicetak lawan," ucap Shin Tae-yong pasca-pertandingan.

"Akan tetapi, kami bisa membalikkan keadaan dan punya kehausan untuk menang di kandang. Para pemain sangat bekerja keras. Saya berterima kasih banyak karna pemain sudah bermain dengan baik," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

4 dari 5 halaman

Cuma Bonus

Sementara itu, Dimas Drajad bahagia bisa membantu kemenangan untuk Timnas Indonesia. Pada laga tersebut, Dimas mencetak satu gol dan satu assist.

Namun, striker Persikabo 1973 itu menegaskan kemenangan yang diraih Timnas Indonesia merupakan kerja keras semua pemain. Dimas Drajad berharap Timnas Indonesia bisa meraih kemenangan lagi pada laga kedua FIFA Matchday melawan Curacao.

"Alhamdulillah, kami malam ini diberi kemenangan. Meski saya cetak gol dan assist, itu hanya bonus. Yang penting Timnas menang. Semoga pada laga kedua kami bisa meraih kemenangan," ujar Dimas Drajad.

5 dari 5 halaman

Hasil dan Jadwal Timnas Indonesia Vs Curacao

24 September 2022

Timnas Indonesia 3-2 Curacao

(Marc Klok 18', Fachruddin Aryanto 22', Dimas Drajad 56' | Rangelo Janga 8', Juninho Bacuna 25')

27 September 2022

Timnas Indonesia Vs Curacao

Stadion Pakansari, Cibinong

Video Populer

Foto Populer