Sukses


BRI Liga 1: Arema FC Vs Persebaya, Duel Pelatih yang Tertukar

Bola.com, Malang - Pekan ke-11 BRI Liga 1 2022/2023 bakal mempertemukan dua rival abadi di Jawa Timur, Arema FC kontra Persebaya Surabaya, di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). Pertemuan kedua tim ini selalu menarik, karena mempertaruhkan gengsi sebagai tim dengan basis suporter besar di Jawa Timur.

Namun, kali ini pertemuan mereka lebih seru. Lantaran ada sebuah histori yang dimiliki pelatih kedua tim. Bisa dibilang mereka adalah pelatih yang tertukar.

Javier Roca, yang menangani Arema FC, merupakan mantan pemain yang pernah membela Persebaya Surabaya. Dia jadi gelandang serang tim berjulukan Bajul Ijo itu pada musim 2008/2009.

Javier Roca memang tidak sempat memberikan gelar juara, tapi setidaknya dia memahami seperti apa atmosfer Persebaya.

2 dari 5 halaman

Bakal Menarik

Sementara Aji Santoso yang kini menangani Persebaya Surabaya, mengawali karier sebagai pemain profesional di Arema FC. Maklum karena ia adalah putra daerah Malang.

Aji ikut membawa Arema FC menjadi juara Galatama 1992/1993. Selain itu, dia pernah jadi pelatih Arema FC pada musim 2017 lalu. Sayang kariernya sebagai pelatih berhenti di tengah jalan karena prestasi Singo Edan kurang apik di Liga 1.

Terkait hal ini, Javier Roca menilai pertemuannya dengan Aji Santoso sebuah hal yang menarik. Meskipun situasi tim saat ini tentu berbeda dengan masa-masa mereka bermain.

"Setidaknya kami mengetahui karakter bermainnya seperti apa. Ini tentu menarik," ujar Javier Roca.

Jadi dua pelatih ini memahami karakter masing-masing tim lawannya seperti apa. Sehingga mereka sudah paham seperti apa mengantisipasinya.

 

3 dari 5 halaman

Hormati Aji Santoso Sebagai Panutan

Jika dilihat dari segi pengalaman melatih, pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, lebih senior. Begitu juga dalam karier semasa menjadi pesepak bola.

Saat ini Aji sudah menapaki usia 53 tahun. Berbagai tim, hingga Timnas Indonesia, pernah dilatihnya. Dia juga pernah memberikan gelar juara Piala Presiden untuk Arema FC pada musim 2017.

Sementara Roca baru melatih tim profesional sejak musim lalu. Baru Persik Kediri dan Arema FC yang dilatihnya. Jadi secara pengalaman Roca masih minim, karena itu dia mengaku sangat menghormati Aji.

"Saya tidak bisa banyak berbicara tentang orang lain. Namun, dia merupakan pelatih lokal yang jadi panutan," puji Roca untuk Aji.

 

4 dari 5 halaman

Jadwal Arema FC Vs Persebaya

Arema FC vs Persebaya Surabaya

  • Stadion: Kanjuruhan, Malang
  • Sabtu, 1 Oktober 2022
  • Kick-off: 20.00 WIB
  • Live: Indosiar
  • Streaming: Vidio
5 dari 5 halaman

Posisi Arema FC dan Persebaya di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer