Sukses


Ulasan Lini Belakang Timnas Indonesia di Dua Laga Melawan Curacao: Solid dengan Tiga Bek Tengah, Adaptasi Cepat

Bola.com, Jakarta - Kemenangan membanggakan diraih Timnas Indonesia dalam dua laga melawan Curacao di FIFA Matchday. Skuad Merah-putih menang dua kali atas negara dari Kawasan Karibia tersebut.

Kemenangan 3-2 berhasil diraih Witan Sulaeman dan kolega pada laga pertama di Bandung (24/9/2022). Kemenangan 2-1 bisa diraih dalam laga Selasa (27/9/2022) di Bogor.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menggunakan formasi tiga bek tengah pada dua laga ini. Formasi ini cukup solid dan bisa dijalankan dengan baik oleh para pemain belakang Timnas Indonesia.

Pada laga pertama lalu, trio bek tengah yang dipilih Shin Tae-yong adalah Fachruddin Aryanto, Rachmat Irianto dan Elkan Baggott.

Ketiganya mampu menjalankan tugas dengan maksimal di belakang. Bahkan, Fachruddin berhasil mencetak satu gol lewat sundulan di laga ini.

2 dari 6 halaman

Formasi Sama, Sedikit Rotasi

Pada laga kedua, Shin Tae-yong kembali menerapkan formasi yang sama. Bedanya, Fachruddin Aryanto diparkir pada laga ini.

Posisi yang ditinggalkan Fachruddin diisi oleh bek muda milik Persebaya Surabaya, Rizky Ridho.

3 dari 6 halaman

Tampil Maksimal

Ridho, Irianto dan Baggott tampil maksimal di laga kedua ini. Meski ada satu kesalahan dari mereka yang berbuah gol untuk Curacao di awal babak kedua.

Lini belakang Timnas Indonesia gagal memperkirakan umpan terobosan yang dikirimkan pemain Curacao. Jeremy Antonisse pun mudah menaklukkan Syahrul Trisna.

4 dari 6 halaman

Adaptasi Cepat

Pada laga kedua melawan Curacao, Shin Tae-yong harus melakukan perubahan cepat di akhir babak kedua. Pratama Arhan yang cedera membuat Shin memutuskan menggunakan formasi empat bek.

Muhammad Ferarri masuk untuk mengisi posisi bek kanan. Padahal pemain Persija Jakarta ini idealnya adalah seorang bek tengah.

5 dari 6 halaman

Tambah Pengalaman

Rupanya, Ferarri tidak canggung. Ia bisa menjaga areanya dengan cukup baik dan menahan gempuran dari para pemain Curacao.

Satu pemain yang layak mendapatkan kredit lebih di laga ini adalah Yakob Sayuri. Ia memainkan peran wing back kanan dengan sangat meyakinkan. Ketika dipindahkan ke posisi bek sayap kiri pun ia tetap bisa bermain apik.

6 dari 6 halaman

Hasil Pertandingan Timnas Indonesia

Sabtu, 24 September 2022

  • Timnas Indonesia 3-2 Curacao
  • (Marc Klok, Fachruddin Aryanto, Dimas Drajad – Rangelo Janga, Jonatan Bacuna)

Selasa, 27 September 2022

  • Timnas Indonesia 2-1 Curacao
  • (Dimas Drajad, Dendy Sulistyawan – Jeremy Antonisse)

Video Populer

Foto Populer