Sukses


Bikin Ketar-ketir! Pandit Vietnam Merasa Timnas Indonesia Era Shin Tae-yong Makin Mengerikan

Bola.com, Jakarta - Pandit atau pengamat sepak bola Vietnam, Quang Huy berpendapat kalau Shin Tae-yong berhasil membuat Timnas Indonesia menjadi kesebelasan yang mengerikan.

Timnas Indonesia masih dalam eforia usai meraih dua kemenangan atas Curacao dalam FIFA Matchday, 24 dan 27 September 2022. Pratama Arhan dkk. masing-masing menang 3-2 dan 2-1.

Hasil tersebut sekaligus mengangkat Timnas Indonesia naik peringkat dari posisi 155 dunia menjadi 152, menggeser beberapa tim seperti Andorra dan Afghanistan.

Apa yang dicapai Shin Tae-yong membuat pandit sepak bola Vietnam, Quang Huy, merasa ketar-ketir. Sebab menurutnya, Timnas Indonesia kini menjadi tim yang berbeda, dalam artian lebih sulit dikalahkan. Apa katanya?

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kualitas Meningkat

Quang Huy mengomentari kemenangan Timnas Indonesia atas Curacao. Meski ia melihat kualitas negara Karibia itu menurun, apa yang ditampilkan Witan Sulaeman cs sungguh impresif.

Ia juga merasa kalau Timnas Indonesia saat ini bakal sulit dikalahkan.

"Kekuatan Curacao tidak sebaik 2019. Pemain kunci sudah berumur, sementara pemain muda mereka tidak sebagus tahun tersebut. Tapi, melihat Timnas Indonesia menang dua kali beruntun, jelas kualitas Shin Tae-yong dan anak asuhnya makin meningkat," kata Quang Huy dinukil dari Soha.vn.

"Shin Tae-yong membantu sepak bola Indonesia dari tim berisikan pemain muda menjadi kesebelasan yang menakutkan. Akan sulit buat tim Asia Tenggara mengalahkan Timnas Indonesia sekarang," katanya lagi.

 

3 dari 5 halaman

Faktor Disiplin

Perubahan signifikan Timnas Indonesia memang terasa betul. Quang Huy membandingkan buruknya penampilan Merah Putih pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan kondisi saat ini.

Menurutnya, disiplin yang diterapkan Shin Tae-yong adalah faktor dasar yang membuat Timnas Indonesia menjadi tim yang berbeda.

"Disiplin adalah hal dasar yang membuat sepak bola Indonesia berkembang di bawah Shin Tae-yong. Rakyat Indonesia selalu punya hasrat luar biasa terhadap sepak bola. Indonesia diberkahi pemain bertalenta, sama seperti Vietnam," ujar Quang Huy.

 

4 dari 5 halaman

Insiden Sepak Bola Gajah

Lebih lanjut, Quang Huy menyoroti betapa Timnas Indonesia akan sangat lapar kemenangan jika berhadapan dengan Vietnam. Apalagi nanti di Piala AFF 2022, kedua tim berada satu grup.

Alasannya, beber Quang Huy, adalah insiden sepak bola gajah pada Piala AFF U-19 beberapa waktu lalu, di mana Vietnam dan Thailand terkesan 'main mata' demi menyingkirkan Timnas Indonesia.

"Setelah kejadian di Piala AFF U-19 2022, saya melihat Timnas Indonesia memiliki semangat yang lebih tinggi ketika bertemu Vietnam. Indonesia terlihat panas dan berhasrat mengalahkan Vietnam."

5 dari 5 halaman

Agenda Berat Timnas Indonesia

Shin Tae-yong berhasil meloloskan Timnas Indonesia U-19 ke Piala Asia U-20 2023. Ia juga sukses mengantar tim senior ke Piala Asia 2023.

Perjalanan berat Timnas Indonesia akan dimulai dengan kejuaraan Piala AFF yang berlangsung akhir 2022 ini, dilanjutkan dengan Piala Dunia U-20 2023. Dua kejuaraan Piala Asia level senior dan U-20 juga bakal dilahap Shin Tae-yong sepanjang 2023.

Sumber: Soha.vn

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer